PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI TEKNIK 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE DAN EVALUATE) DI MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syafa’ah, Hesti Isrous (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI TEKNIK 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE DAN EVALUATE) DI MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (441kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (597kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu berdasarkan pada pembelajaran fiqih yang selama ini dilakukan oleh guru dengan metode, model, serta teknik yang kurang baik menjadikan pembelajaran di kelas menjadi monoton. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa menjadi kurang aktif, kritis dan analitis pada pembelajaran fiqih. Teknik 5E merupakan teknik pembelajaran yang merangsang kemampuan kreatif, kritis dan analitis siswa, melalui tahapan-tahapan seperti melibatkan, mengeksplorasi, menjelaskan, mengembangkan dan mengevaluasi. Dengan menggunakan teknik 5E mampu menjadikan siswa aktif, kritis dan analitis pada pembelajaran di dalam kelas melalui penyampaian materi dan dikusi di kelas. Jadi penelitian ini dilakukan untuk menetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui teknik 5E dan faktor apa saja yang menjadi pendukung atau penghambat dilaksanakannya pembelajaran melalui teknik 5E. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui teknik 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate dan Evaluate) di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui teknik 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate dan Evaluate) di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini mengambil data dari MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Subyek dari penelitian ini adalah, kepala sekolah, guru, dan siswa MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Sedangkan teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) pelaksanaan teknik 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate dan Evaluate) sudah mampu berjalan dengan baik dan juga dapat diikuti oleh siswa dengan baik juga. Ini terlihat dari setelah pelaksanaan teknik pembelajaran 5E mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analitis. Siswa menjadi lebih aktif dan resposif, mandiri dalam belajar, bisa bekerja sama dengan baik antar sesama teman ketika berdiskusi. 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate dan Evaluate) pada pembelajaran fiqih adalah: a) kemampuan guru. b) minat belajar peserta didik tinggi. c) sarana dan prasarana. d) metode observasi. Sedangka faktor penghambat adalah: a) adanya perasaan “takut” dari diri siswa untuk bertanya dan menyampaikan argumen. b) peserta didik mengganggu temannya. c) waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik; 5E; Engage; Explore; Explain; Elaborate; Evaluate; Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 13 May 2017 02:28
Last Modified: 13 May 2017 02:28
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item