PENERAPAN MASS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENULIS PEGON PADA PELAJARAN KITAB NGUDI SUSILO DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Najib, Ali (2017) PENERAPAN MASS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENULIS PEGON PADA PELAJARAN KITAB NGUDI SUSILO DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (861kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (924kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (942kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (906kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (867kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (859kB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi yang berjudul Penerapan Mass Education Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Dan Menulis Pegon Pada Pelajaran Kitab Ngudi Susilo Di Madrasah Diniyah Darul Ulum Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 ini, mengambil tiga pembahasan diantaranya: 1) Bagaimanakah penerapan mass education dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menulis pegon pada pelajaran kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah Darul Ulum Kudus tahun pelajaran 2016/2017 ? 2) Apa sajakah faktor yang mendukung penerapan mass education dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menulis pegon pada pelajaran kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah Darul Ulum Kudus tahun pelajaran 2016/2017 ? 3) Apa sajakah faktor yang menghambat penerapan mass education dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menulis pegon pada pelajaran kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah Darul Ulum Kudus tahun pelajaran 2016/2017 ?. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi terus terang atau tersamar, metode dokumentasi dan metode triangulasi. Analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi data). Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa penerapan mass education dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menulis pegon pada pelajaran kitab ngudi susilo sangat efektif karena pendidikan tersebut menggunakan pembelajaran yang menyenangkan serta dalam suasana yang santai dan tidak tegang, pembelajaran ini juga mempunyai variasi yang dirasa siswa tidak akan cepat jenuh dan bosan karena diselingi dengan cerita-cerita yang menarik, serta dapat meningkatkan ketrampilan dan pemahaman siswanya. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang merupakan pembinaan, pelatihan, pengajaran, dan semua hal yang merupakan bagian dari usaha manusia untuk meningkatkan kecerdasan dan ketrampilannya. Disamping itu, Pendidikan massa yang diterapkan pada santri dalam meningkatkan kemampuan santri dalam membaca dan menulis pegon pada pelajaran kitab ngudi susilo di Madrasah Diniyah Darul Ulum juga sesuai dengan teori di atas dan juga berhasil diterapkan pada peserta didiknya yang kebanyakan santri dari Pondok Pesantren Darul Ulum Kudus dengan menggunakan sistem drill (belajar terus-menerus) ternyata dapat meningkatkan membaca dan menulis pegon santri yang nantinya dapat menjadi modal awal ketika mereka belajar kitab bandongan ataupun ketika mereka masuk pada kelas yang ada diatasnya karena mereka akan banyak menemukan mata pelajaran yang membutuhkan membaca dan menulis pegon sesuai dengan kaidah pegon.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mass education; santri; membaca dan menulis pegon
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 13 May 2017 04:07
Last Modified: 13 May 2017 04:07
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item