IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL MA’ARIF JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016.

Nihayah, Khusnun (2016) IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS. ROUDLOTUL MA’ARIF JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan humanistik adalah pendidikan yang mampu memperkenalkan apresiasinya yang tinggi kepada manusia sebagai makhluk Allah yang mulia dan bebas serta dalam batas-batas eksistensinya yang hakiki, dan juga sebagai khalifatullah. Kecerdasan sosial merupakan kematangan kesadaran pikiran dan budi pekerti untuk berperan secara sosial dalam kelompok atau masyarakat. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui model pendidikan humanistik pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati Tahun Pelajaran 2015/2016, Untuk Mengetahui Peningkatan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII MTs. Roudlotul Ma’arif, Juwana, Pati, Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Model Pendidikan Humanistik, Untuk mengetahui implementasi model pendidikan humanistik pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu jenis dan pendekatan penelitian adalah field research dan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara (interview), dokumentasi, dan triangulasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yaitu MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) model pendidikan humanistik itu dapat meningkatkan kecerdasan sosial siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak, karena dalam model pendidikan ini, siswa diharapkan dapat menggali potensi yang ia miliki, 2) Cara guru meningkatkan kecerdasan sosial siswa adalah dengan cara menerapkan model pendidikan humanistik di dalam kelas harus melibatkan siswa untuk supaya aktif, 3) Implementasi Model Pendidikan Humanistik dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa menggunakan model pembelajaran PAIKEM dan memberikan tugas kelompok, sedangkan media pembelajarannya menggunakan LKS, LCD, dan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanistik; Kecerdasan Sosial
Subjects: Sosial
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 04:31
Last Modified: 03 Dec 2016 04:31
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item