PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SMK DI KABUPATEN DEMAK

Anwar, Khoirul (2017) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU SMK DI KABUPATEN DEMAK. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (755kB)
[img] Text
3. DAFTAR-ISI.pdf

Download (597kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (939kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (520kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (943kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (516kB)
[img] Text
9. DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peranan MGMP sebagai wadah pengembangan kompetensi guru dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan. MGMP PAI SMK Kabupaten Demak telah lama terbentuk dan memiliki kegiatan dan kepengurusan serta merupakan MGMP paling aktif dibanding MGMP Mapel lainnya, namun kenyataan di lapangan guru masih mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai tenaga pendidik, seperti pengembangan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi belajar. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan keberadaan dan peran MGMP PAI SMK Kabupaten Demak itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik MGMP PAI, upaya MGMP PAI dalam mengembangkan kompetensi professional, dan factor pendukung dan penghambat bagi MGMP PAI dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI SMK di Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan atau field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dengan alasan bahwa dalam mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, pristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru PAI SMK di kabupaten Demak adalah kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik secara dialogis dan kemampuan penguasaan meteri pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran yang mengutamakan pemilihan metode PAI yang efektif dan efisien di SMK se-Kabupaten Demak. 2) Upaya MGMP PAI SMK kabupaten Demak dalam meningkatkan profesionalisme guru, Upaya MGMP Pendidikan Agama Islam di kabupaten Demak dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan profesionalisme guru, adalah melalui supervisi atau pengawasan, pembinaan serta pelatihan yang tersusun dalam program rutin dan program pengembangan. 3) Faktor pendukung pelaksanaan MGMP PAI SMK Guru PAI SMK di Kabupaten Demak diantaranya: pemberian bimbingan dan pengarahan akan pentingnya mengikuti MGMP, penerapan system link atau jaringan luar seperti organisasi guru yang lain setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP. Penghambatnya adalah Kurangnya antusias para guru anggota PAI di MGMP PAI, Keuangan yang minim dikarenakan terbatasnya sumber dana, Stagnasi kepengurusan berakibat pada regenerasi dan program kerja yang baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP); Pengembangan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI SMK
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 01:56
Last Modified: 21 May 2017 01:56
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item