STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SIROJUL ANAM LUWANG TAYU PATI

Solah, M. Fajrus (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MA SIROJUL ANAM LUWANG TAYU PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1)Pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan multimedia dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di MA Sirojul Anam Luwang Tayu Pati; dan 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan multimedia di MA Sirojul Anam Luwang Tayu Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer bersumber dari informan kunci dan pendukung, yaitu guru bahasa Arab, siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Kemenag Kabupaten Pati, Yayasan, Komite Madrasah, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: (1) wawancara (interview); (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi: (1) Reduksi Data (Data Reduction); (2) Penyajian Data (Data Display); dan (3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA Sirojul Anam Luwang Tayu Pati adalah pembelajaran berbasis komputer dengan menggabungkan unsur-unsur vidoe, bunyi, teks maupun grafik yang dikemas menjadi satu melalui Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK). Dalam penggunaanya, guru memanfaatkan media LCD Proyektor untuk menanyangkan video atau film bahasa Arab yang sesuai dengan tema/materi pelajaran yang diajarkan dengan menyusun langkah-langkahnya dan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran sebelumnya. Sebelum dimulai pembelajaran, perangkatnya diambil dari kantor dan dibawa ke kelas untuk dipasang. Setelah terpasang dengan baik, kemudian pembelajaran dimulai dengan diawali salam,do’a, dan yel-yel bahasa Arab; 2) Guru bahasa Arab di MA Sirojul Anam Luwang Tayu Pati dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis komputer pada materi mufrodat, yaitu dengan video pembelajaran kosa kata bahasa Arab dan dipancarkan dengan fasilitas LCD Proyektor. Sedangkan untuk materi istima’, yaitu dengan video film kartun berbahasa Arab yang bertemakan tentang materi yang diajarkan. Isi video yang diputar telah sesuai dengan tema/topik materi yang diajarkan. Bahan ajar yang digunakan adalah memanfaatkan VCD atau file video pembelajaran bahasa Arab yang dimiliki oleh madrasah yang bersumber dari internet. Dan guru merasa telah cukup berhasil dalam pembelajaran tersebut yakni mayoritas (75%) dari siswa yang mengikuti pembelajaran telah memahami dan menguasai materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Multimedia; Kemampuan Kognitif; Bahasa Arab
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 02:04
Last Modified: 21 May 2017 02:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item