MANAJEMEN STRATEGIK PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTs. TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN KUDUS

SAEPULOH, AEP (2017) MANAJEMEN STRATEGIK PENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTs. TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen strategi adalah suatu rancangan proses yang sistematis mulai perencanaan (formulasi) strategi, mengimplementasikan strategi dan mengevaluasi strategi dalam meningkatkan mutu program tahfidz al-Qur’an, untuk mewujudkan visi MTs.Tahfidz sebagai lembaga pendidikan islam yang Qur’ani Amali, yang menjadi kebanggaan para orang tua/wali dan masyarakat. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui Perencanaan (formulsi) manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, (2) mengetahui konsep mutu program tahfidz al-Qur’an di MTs. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan,(3) mengetahui implementasi strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan, (4) mengetahui evaluasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan, dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. serta dalam menggunakan uji keabsahan data melalui kredebilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas, dan analisis data secara kualitatif dengan metode reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama: Perencanaan manajemen strategi diawali dengan merumuskan visi dan misi kemudian menentukan tujuan dan target, serta penentuaan strategi yang akan digunakan. Kedua konsep mutu tahfidz al-Qur’an adalah kemampuan hafalan al-Qur’an, sesuai dengan standar yang sudah ditentukan serta harapan orang tua/wali dan masyaarakat. Ketiga Implementasi manajemen strategi terdiri dari pengembangan kurikulum, persiaapan kualitas peserta didik, peningkatan kinerja tenaga pendiddik, pengembangan sistem dan strategi pembelajaran dan melengkapi sarana dan prasarana. Kempat evaluasi strategik dilakukan melalui rapat rutin yaitu setiap minggu, setiap semester dan setiap tahun, untuk mengukur kinerja terhadap peningkatan mutu program tahfidz al-Qur’an. Strategic management is a systematic process design that covers planning (formulation) strategy, implementation strategy and evaluation strategy to enhance the quality of Tahfidzul Qur’an Program and to realize the vision of MTs.Tahfidz as an Islamic education institution that isQur'ani Amali, and becomes the pride of parents and society. The purpose of this study is to find out: (1) planning (formulation) ofstrategic management in improving theeducationquality in MTs. Tahfidz Yanbu'ul Qur'anMenawan, (2)the quality concept of Tahfidzul Qur'an program in MTs. Tahfidz Yanbu'ul Qur'anMenawan, (3)the implementation strategy to enhance the educationquality in MTs. Tahfidz Yanbu'ul Qur'anMenawan, (4) the evaluation of strategic management to enhance the education quality in MTs. Tahfidz Yanbu'ul Qur'anMenawan. This research is a field qualitative research. The data is collected through observation, interview, and documentation then is analyzed by using credibility, transferability, dependability and confirmability method. The data analysis method used is data reduction, data presentation and drawing conclusion. The results of this study are: (1) Planning of strategic management begins with formulating a vision and mission, setting up goals and targets, and determiningthe strategies to use. (2)The quality concept of Tahfidzul Qur'an Program is the ability of Qur’an memorization, in accordance with the standards that have been determined as well as the expectation of parents and society. (3) The implementation of strategic management consists of curriculum development, preparation of learners’ quality, improvement of teachers’ performance, development of system and learning strategy and the completion of education facilities and infrastructure. (4)The strategic evaluation is done throughweekly, monthly and annualregular meetings that aim to measure the performance of the improvement of Tahfidzul Qur'anprogramquality.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi dan Mutu program tahfidz al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 05:04
Last Modified: 21 May 2017 05:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item