MODEL MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. (STUDI KASUS DI MTS IHYAUL ULUM WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Salamah, Umi (2017) MODEL MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. (STUDI KASUS DI MTS IHYAUL ULUM WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui model manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Model manajemen ini memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di sekolah. Penelitian ini meneliti tentang model manajemen peningkatan mutu pendidikan dan keunggulannya di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya. Namun secara metodologis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di kancah lapangan terjadinya gejala-gejala atau peristiwa. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini mencoba memahami dan menggambarkan keadaan atau fenomena subjek yang diteliti. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan analisanya dengan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian di lapangan penulis dapat memberikan gambaran bahwasannya MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa mempunyai model manajemen Mutu terpadu. Dalam mencapai peningkatan mutu Pendidikan Islam, dalam hal ini peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dan dibantu para wakil kurikulum, wakil kesiswaan dan wakil saran dan prasarana sudah berhasil dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan yang telah dirumuskan. Manajemen mutu terpadu cukup memberikan hasil dan memberikan kontribusi terhadap output sesuai dengan kriteria madrasah yang bermutu. Adapun keunggulan model manajemen peningkatan mutu terpadu pendidikan di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati antara lain; adanya quality control yang bekerja secara intensif, sumber daya manusia yang berkompeten untuk mendukung program peningkatan mutu madrasah, metode perbaikan berkelanjutan yang sistematis. Pendekatan data dan fakta dalam meningkatkan mutu terpadu pendidikan, serta adanya budaya mutu yang menunjang untuk mewujudkan visi dan misi madrasah. This study is a qualitative study aimed to determine the model quality management in improving the quality of Islamic education in MTs Ihyaul Wedarijaksa Pati Ulum School Year 2014/2015. This management model has a very important role in improving the quality of education in schools. This study examines the management model of integrated quality improvement of education and excellence in MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati. This research is a descriptive study, the research main objective to explain what their condition. But methodologically this study included within the scope of field research (field research), the research done in the field arena symptoms or events. This research is part of the kind of research that using a phenomenological approach. This approach tries to understand and describe the situation or phenomenon studied subjects. The method of collecting data through observation, interviews and documentation, while the analysis by descriptive qualitative analysis. The results of research in the field writer can give you an idea bahwasannya MTs. Ihyaul Ulum Wedarijaksa implement an integrated quality management. In achieving improved quality of Islamic education, the role of the principal as educational leader and assisted by representatives of the curriculum, student representatives and representatives of the facilities and infrastructure already succeeded in realizing the vision, mission and objectives that have been formulated. Integrated quality management is quite deliver results and contribute to output in accordance with the criteria of quality madrasah. The benefits of a unified management model to improve the quality of education in MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati, among others; their quality control work intensively, competent human resources to support quality improvement program madrasah, systematic method of continuous improvement. Data and facts approach in improving the integrated quality of education, as well as their quality culture that support to realize the vision and mission of the madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen Mutu dan Mutu Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 05:35
Last Modified: 21 May 2017 05:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item View Item