IMPLEMENTASI METODE SIMULASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH MATERI MANASIK HAJI DI MI NURUS SHOFA KARANGBENER KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Imroni, Ali (2015) IMPLEMENTASI METODE SIMULASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH MATERI MANASIK HAJI DI MI NURUS SHOFA KARANGBENER KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK...pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui implementasi metode simulasi game mata pelajaran fiqih materi manasik haji di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shofa – Karangbener – Kudus, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan metode simulasi game dalam pembelajaran materi manasik haji 3) untuk mengetahui keaktifan peserta didik dengan metode simulasi game di Madrasah Ibtidaiyah Nurus Shofa – Karangbener – Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan di dalam kelas dan lingkungan sekolah, wawancara kepada kepala madrasah, waka kurikulum, guru fiqih kelas V dan peserta didik kelas V. Analisis data melalui tiga tahapan : reduksi, display dan konklusi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) model pembelajaran simulasi game pada mata pelajaran fiqih materi manasik haji di MI NU Nurus Shofa Karangbener Kudus adalah baik karena mampu meningkatkan motivasi belajar. 2) Simulasi Game sebagai satu model pembelajaran untuk materi manasik haji memiliki faktor pendukung yaitu : minat siswa, ketersediaan media dan sarana belajar, meningkatkan motivasi belajar dan memberi kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Di sisi lain memiliki faktor penghambat yakni memerlukan waktu yang panjang. 3) Peserta didik menjadi aktif selama pembelajaran, aktif berperan sebagai pemain simulasi dan diskusi materi manasik haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2017 06:38
Last Modified: 21 May 2017 06:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item