PENGAWASAN YANG EFEKTIF DARI PERSPEKTIF MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KUDUS

Hermawan, Dani (2017) PENGAWASAN YANG EFEKTIF DARI PERSPEKTIF MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena nyata pengawasan yang efektif dari perspektif guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus. Tujuan dari penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: untuk mengetahui apakah pengawasan berjalan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus berjalan efektif atau tidak, untuk menjelaskan perspektif guru untuk proses pengawasan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus, dan untuk mengeksplorasi model pengawasan yang efektif berjalan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus berdasarkan perspektif guru. Penelitian ini merupakan lapangan dengan metode campuran yang mengakomodasi kedua pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk kuantitatif dan wawancara untuk kualitatif. Metode analisis data menggunakan survei untuk kuantitatif, dan komparatif konstan untuk kualitatif. Adapun lokasi penelitian sendiri di MAN 1 Kudus dan MAN 2 Kudus. Dari analisis data dapat diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: pertama, proses pengawasan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus berjalan secara efektif. Kedua, perspektif guru untuk proses pengawasan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus positif. Dan yang ketiga, model pengawasan yang efektif berjalan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kudus berdasarkan perspektif guru adalah Supervisi Klinis dan monitoring Administrasi. Secara teoritis, hasil penelitian ini secara teoritis memberikan banyak pertimbangan dalam memperkaya penemuan konseptual yang berkaitan dengan pengawasan yang efektif. Akhirnya dapat membantu para pemangku kepentingan untuk mengembangkan kualitas proses pendidikan di MAN di Kudus. Praktis, untuk pengelola sekolah, penelitian ini dapat digunakan sebagai konsep tambahan baru dalam mempertimbangkan keputusan mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di institusi mereka; untuk guru, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refleksi untuk meningkatkan kemampuan mereka dan memperkaya pengetahuan mereka tentang pengawasan. Penelitian ini berusaha untuk memeriksa bagaimana guru dan manajer di sekolah atau madrasah negeri, dalam hal ini; MAN di Kudus melihat dan mempraktekan pengawasan instruksional; dan untuk peneliti selanjutnya, literatur dan temuan dapat digunakan untuk studi penelitian lebih lanjut di bidang pengawasan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan dasar mereka untuk merumuskan penelitian baru di masa depan, lebih dalam dan lebih komprehensif. Mudah-mudahan, mereka juga memiliki rasa ingin tahu yang sama dengan topik ini dari penelitian, "Pengawasan yang efektif" setelah membaca penelitian ini. This study intends to look at the real phenomena of effective supervision from teachers’ perspectives of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus. The purpose of this research is described as follows: to find out whether supervision runs in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus run effectively or not, to explain the teachers’ perspectives to supervision process of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus,and to explore the model of supervision which effectively runs in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus based on the teachers’ perspectives.This research is a field with mixed method that accommodate both of quantitative and qualitative approach. Collecting data using questionnaire for quantitative and interviews for qualitative. Methods of data analysis using survey for quantitative and constant comparative for qualitative. As for the location of his own research is in MAN 1 Kudus and MAN 2 Kudus. From the analysis of the data can be obtained research findings as follows: first, supervision process in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus runs effectively . Secondly, teachers’ perspectives to supervision process of Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus are positive. And the third, model of supervision which effectively runs in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) in Kudus based on the teachers’ perspectives is Clinical Supervision and Administrative monitoring. Theoretically, the result of this research theoretically gives many considerations in enriching conceptual discovery which related to effective supervision. Finally it can help the stakeholders to develop the quality of education process in MAN in Kudus. Practically, for managers of schools,this research can be used as new additional concept in considering their decisions to improve the quality of education in their institutions; for the teachers, the result of this research can be used as their reflection to improve their capabilities and enrich their knowledge about supervision. Thisresearch sought to examine how teachers and the managers in public primaryschools, in this case; MAN in Kudus perceive and practice instructional supervision; and for the further researchers, the literature and findings can be used for further research studies in the field of supervision. This research can be used as their basic foundation to formulate new research in the future, more deeply and more comprehensively. Hopefully, they are also having same curiosity to this topic of the research, “Effective Supervision” after reading this research.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan yang efektif; Perspektif Guru dan Model Pengawasan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 02:32
Last Modified: 25 May 2017 02:32
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item