ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN (SETTING) DI MI NU IMADUDDIN HADIWARNO MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Muna, Nur Wahidah Lailatul (2017) ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN (SETTING) DI MI NU IMADUDDIN HADIWARNO MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (867kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan sekitar menyediakan sumber belajar yang tidak ada habisnya untuk dunia pendidikan. Lingkungan sekitar memberikan kontribusi yang baik bagi pembelajaran, diantaranya yaitu memberikan pengalaman nyata, membentuk sikap dan karakter siswa. Pada umumnya, guru-guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih menggunakan metode ceramah atau klasikal sehingga kurang memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Namun, beda halnya dengan MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus yang memiliki kekayaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan telah memanfaatkannya dalam kegiatan pembelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui sumber belajar berbasis lingkungan (setting) yang dimanfaatkan oleh guru PAI kelas IV & V di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus (2) Untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan (setting) oleh guru PAI kelas IV & V di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus (3) Untuk mengetahui problem-problem dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan (setting) oleh guru PAI kelas IV & V di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus Jenis penelitian ini adalah Field Research dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik kelas IV dan V. Analisis datanya menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sumber belajar berbasis lingkungan (setting) yang dimanfaatkan oleh guru PAI kelas IV dan V di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus adalah ruang kelas, perpustakaan,dan masjid sebagai laboratorium keagamaan. Sumber belajar berbasis lingkungan (setting) ini kondisinya masih baik. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya fasilitas yang memadai yang mampu menunjang proses belajar mengajar. Pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan (setting) oleh guru PAI kelas IV dan V di MI NU Imaduddin menurut hasil penelitian adalah baik, dibuktikan dengan proses pembelajaran yang tidak hanya memanfaatkan kelas sebagai tempat pembelajaran Pendidikan Agama Islam, akan tetapi memanfaatkan perpustakaan dan laboratorium agama (masjid) sebagai sumber belajar. Problem-problem yang dihadapi adalah kurangnya sumber belajar seperti alat peraga, minimnya buku panduan ajar, masalah yang berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki guru, kondisi peserta didik yang berbeda, terbatasnya dana madrasah, dan terbatasnya waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Sumber Belajar; Lingkungan (setting)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 03:34
Last Modified: 25 May 2017 03:34
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item