IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA. DARUL ULUM PURWOGONDO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yunita, Fita Norma (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MA. DARUL ULUM PURWOGONDO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1. Awal.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 3. Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan pendidik di sekolah dapat di lihat berdasarkan proses belajar yang baik dan berkualitas, sehingga mewujudkan tujuan pendidikan. Dalam kaitannya ini, implementasi model pembelajaran kooperatif sangat ditekankan untuk memahami pelajaran, khususnya mata pelajaran SKI di MA Darul Ulum Purwogondo Jepara. Penelitian yang peneliti lakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi informan yang ada di lokasi yang telah ditentukan. Peneliti melakukan penelitian langsung ke lapangan guna memperoleh data yang nyata tentang implementasi model pembelajan kooperatifdalam meningkatkan kemampuan kognitifsiswa pada mata Pelajaran SKI di MA. Darul Ulum Purwogondo Jepara. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran SKI di MA. Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran SKI di MA Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MA. Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran SKI, peserta ddidik belajar dalam kelompok kecil terdiri dari 6 peserta didik secara heterogen (acak). Dengan memberikan kesempatan kepada semua anggota kelompok untuk terlibat secara aktif dalam proses berfikir memecahkan masalah perkembangan Islam pada abad modern. (2) Meningkatkan kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI dengan pendidik memberikan motivasi kepada peserta didik, menyisipkan ide-ide cerita, dan mengevaluasi pembelajaran.(3) Implementasi model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada mata pelajaran SKI dilaksanakan dengan diskusi kelompok. Pada proses pembelajaran pendidik telah melaksanakan tahap prosuderal pembelajaran, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan maupun tahap evaluasi. Proses belajar mengajar tersebut berjalan dengan efektif, hal ini dibuktikan dengan antusiasme dan respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, serta suasana kelas menjadi hidup. Dan hal tersebut juga dibuktikan adanya nilai rata-rata mata pelajaran SKI:80.Sehingga peserta didik mampu memahami, menyerap, mengingat pelajaran yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Kemampuan Kognitif; Mata Pelajaran SKI
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 03:51
Last Modified: 25 May 2017 03:51
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item