PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Adha, Achi Misbachul (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (987kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

SPPKB merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa. Penggunaan SPPKB berhubungan dengan kemampuan analisis dan berpikir kritis. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan SPPKB, kemampuan analisis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Matholi’ul Huda Troso Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Untuk menguji secara empiris bagaimana pengaruh penggunaan SPPKB terhadap kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Matholi’ul Huda Troso tahun pelajaran 2016/2017 (3) Untuk menguji secara empiris bagaimana pengaruh penggunaan SPPKB terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Matholi’ul Huda Troso tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian (feild research), pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa MA Matholi’ul Huda Troso yang berjumlah 638 orang. Peneliti menggunaan teknik cluster randem. Teknik ini tidak memilih individu-individu sebagai anggota unit sampel, tetapi memilih rumpun-rumpun populasi sebagai anggota unit populasi. Dalam hal ini peneliti memilih 2 kelas untuk dijadikan kelas penelitian sehingga didapat sampel sebanyak 75 orang. Uji analisis dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka dengan menggunakan rumus korelasi pruduct moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai rata-rata penggunaan SPPKB sebesar 30, 146 berada dalam interval 29-31 berkategori cukup baik, kemampuan analisis sebesar 51,08 berada dalam interval 51-53 berkategori baik, dan kemampuan berpikir kritis sebesar 100,96 berada dal;am interval 99-106 berkategori baik 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan SPPKB terhadap kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Matholi’ul Huda tahun pelajaran 2016/2017 hal ini berdasarkan persamaan regresi Ŷ = 11,875+ 1,300X dan hasil nilai fhitung yang lebih besar dari ftabel (165,993>3,972) sehingga menghasilkan koefisien determinasi sebesar 69,5% 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan SPPKB terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Matholi’ul Huda Troso tahun pelajaran 2016/2017 hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Ŷ= 15,400+ 2,838X dan hasil nilai fhitung yang lebih besardari ftabel yaitu (274,166>3,972) sehingga menghasilkan koefisien determinasi sebesar 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir; Kemampuan Analisis; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 04:46
Last Modified: 25 May 2017 04:46
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item