EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SHOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS DARUS SALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN)

Faizah, Nova Auliyatul (2017) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SHOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS DARUS SALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI EKSPERIMEN). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (984kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (984kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Sholving adalah rangkaian pertanyaan yang bersifat tuntunan dalam solusi masalah. Heuristik adalah suatu penuntun berupa pertanyaan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pencapaian peningkatan prestasi belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving(LAPS-Heuristik) di kelas VII di Mts Darus Salam (2) Mengetahui pencapaian peningkatan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) di kelas VII di Mts Darus Salam (3) Mengetahui efektifitas model Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di Mts Darus Salam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri semua siswa di Mts Darus Salam Jetak Wedung Demak tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 194 orang. Peneliti menggunakan teknik Cluster random Sampling. Dalam hal ini peneliti memilih 2 kelas untuk dijadikan kelas penelitian, didapat sempel sebayak 64 siswa. Uji analisis dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan penghitungan nilai angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan prestasi belajar peserta didik yang tidak menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (Laps-Heuristik) pada mata pelajaran Fiqih di Mts Darus Salam dalam kategori cukup dengan perhitungan hasil rata-rata sebesar 79 persen dalam interval 78-80 (2) Peningkatan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (Laps-Heuristik) pada mata pelajaran Fiqih di Mts Darus Salam dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan hasil uji analisis pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 82 persen dalam interval 79-83, nilai ini lebih besar dibandingkan nilai sebelumnya yang hanya mempunyai nilai rata-rata 76 persen (3) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar pre-test dan post-test kelompok eksperimen selain itu juga terdapat perbedaan antara rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (Laps-Heuristik) dan rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan dari hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel atau jatuh pada penerimaan Ha (3,073 > 1,697).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (Laps Heuristik); Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 05:14
Last Modified: 25 May 2017 05:14
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1102

Actions (login required)

View Item View Item