PROFIL GURU PAI YANG ADIL DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Septiana, Duwi (2017) PROFIL GURU PAI YANG ADIL DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (870kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (922kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (980kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (884kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (863kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil guru PAI yang adil dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Wonosalam Demak Tahun Pelajaran 2016/2017, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat mewujudkan guru PAI yang adil dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Wonosalam Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Wonosalam Demak. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedang analisis data dilakukan dengan deskriptif. Adapun Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, guru PAI dan siswa di SMP Negeri 2 Wonosalam Demak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: 1). Guru PAI di SMP Negeri 2 Wonosalam Demak memiliki perilaku secara proporsional dalam mengajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa. Terlihat dan cara mengajarkan ilmunya, guru PAI berpedoman pada hukum atau peraturan dalam mendidik sesuai dengan tingkat potensi yang dimiliki masing-masing siswa, yaitu dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan tidak pilih kasih. Adapun kriteria guru PAI yang adil dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Wonosalam yaitu memahami persoalan siswa dengan baik, tidak emosi, tidak pilih kasih, tegas, lebih mengutamakan nilai-nilai edukatif dan jika ada siswa yang melakukan kesalahan pendidik tidak langsung memvonis tet4pi menyadarkan siswa yang melakukan kesalahan tersebut. 2). Faktor pendukung dan penghambat yang dialami untuk mewujudkan guru PAI yang adil dalam pembelajaran, yaitu fasilitas belajar yang mencukupi, karena hal tersebut mampu membantu guru dalam bersikap adil terhadap siswa dengan memberikan fasilitas belajar secara merata. Sedang faktor penghambatnya ban-yak yaitu: antara pengajar dan siswa tidak bisa sinkronisasi atau bersama, dilihat dan kemampuan anak yang berbeda dalam merespon, memahami dan mempelajari materi pelajaran, serta fasilitas belajar siswa yang tidak mencukupi dapat menjadikan guru bersikap tidak adil kepada siswa karena fasilitas belajar yang tidak mencukupi sehingga yang mendapatkan fasilitas belajar hanya beberapa siswa raja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI yang Adil; dalam Pembelajaran
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2017 05:27
Last Modified: 25 May 2017 05:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item