IMPLEMENTASI ACTIVE DEBATE UNTUK MENGEMBANGKAN AKSELARASI INTELEGENSI PESERTA DIDIK KELAS IV ULA BANIN PADA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Najih, Ahmad Khoirun (2017) IMPLEMENTASI ACTIVE DEBATE UNTUK MENGEMBANGKAN AKSELARASI INTELEGENSI PESERTA DIDIK KELAS IV ULA BANIN PADA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
cover nota persetujuan pembimbing, nota pengesahan skripsi, surat pernyataan, moto, kata penganta.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (589kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian yang peneliti lakukan adalah berupa penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yang bertujuan membuat deskriptif secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. peneliti melakukan studi langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang kongkrit tentang Implementasi Active Debate untuk mengembangkan akselarasi intelegensi peserta didik kelas IV Ula Banin pada pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Darul Ulum Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) implementasi active debate untuk mengembangkan akselerasi intelegensi peserta didik pada pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017 (2) faktor faktor yang mempengaruhi implementasi active debate untuk mengembangkan akselerasi intelegensi peserta didik pada pelajaran fiqih di Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2016/ 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi active debate berjalan dengan lancar. Pada Proses pembelajaran fiqih para peserta bisa memahami redaksi yang dicantumkan di turosh (kitab salaf) agar peserta didik bisa menutupi celah kelemahan suatu dirinya “diserang lawan” dengan memakai redaksi pula, serta peserta didik juga mampu “menyerang lawan” dengan redaksinya. Dan meneladani Rasulullah di dalam memutuskan perkara. Serta para peserta didik mampu menjawab permasalahan kekinian dengan tolak ukur torush (kitab kitab salaf) yang umumnya Indonesia menggunakan madzab Syafi’i, mengaktualisasikan torush (kitab kitab salaf) dalam perkembangan zaman, meminimalisir kesalahan dalam memutuskan suatu masalah dibanding menjawab permasalahan dengan ijtihad sendiri (2) Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi faktor-faktor. Adapun faktor pendorong adalah Adanya dukungan dari para pendidik, adanya dukungan pembimbing, penasehat, peserta active debate mempunyai banyak pengalaman dan kredibilitas di dalamnya. Adapun faktor penghambat adalah minimnya minat peserta didik dalam progam-progam yang bersifat keilmuan, berkembangnya teknologi seperti komputer, maktabah tsamilah menjadikan peserta didik menjadi manja dan menjadikan peserta didik untuk terbiasa mencari ibarat/referensi dalam active debate secara instan sehingga mereduksi/mengurangi pola nalar peserta didik dalam memahami redaksi kitab secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi active debate; Akselerasi intelegensi; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 30 May 2017 08:32
Last Modified: 30 May 2017 08:32
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item