IMPLEMENTASI MEDIA KARTU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NU BANAT KUDUS

Sari, Ima Ratna (2015) IMPLEMENTASI MEDIA KARTU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI NU BANAT KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi media kartu dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Banat Kudus 2) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan media kartu di MI NU Banat Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangandengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala madrasah,waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits dan siswi di MI NU Banat Kudus. Adapun temuan penelitian ini adalah: 1. Implementasimedia kartu dalampembelajaran Al- Qur’an Hadits Kelas IV di MI NU Banat Kudus adalah guru Al-Qur’an Hadits dengan melakukan 4 tahapan yaitu : a) Perencanaan pembelajaran, b) Persiapan pembelajaran, c) Implementasi media kartu yaitu dengan menggunakan media visual berupa kartu yang berisi potongan lafal dari ayat Al-Qur’an secara acak, kemudian siswi mengurutkan potongan ayat tersebut menjadi 1 ayat Al-Qur’an, lalu para siswi mencari pasangan arti mufrodat tersebut, d) Evaluasi hasil pembelajaran. 2. Efektifitas pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan media kartu kelas IV di MI NU Banat Kudus dapat dilihat dari 3 aspek yaitu : a) Waktu, Dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan media kartu waktu yang dibutuhkan relatif singkat yaitu dalam waktu 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit ) para siswi sudah mampu menguasai pelajaran dengan sangat baik, b) Tujuan, Dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan media kartu tujuan dapat terlaksana dengan baik, adapun tujuannya adalah : 1) Para siswi mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, 2) Nilai melebihi KKM, 3) Lebih mudah memahamkan anak. c.)Hasil yang dicapai, Hasil yang dicapai adalah Kemampuan siswi kelas IV dalam membaca Al-Qur’an dengan adanya pelaksanaan pembelajaran dengan media kartu pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI NU Banat Kudus meningkat dengan signifikan, dari yang sebelumnya kurang lancar menjadi lancar, dari yang sebelumnya kurang fasih menjadi fasih dengan memperhatikan hukum tajwid yang terkandung didalamnya , selain itu mereka juga mampu menerjemahkan arti dari sebuah ayat pada surah Al-Qur’an. Kata Kunci: Media Kartu, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 02:43
Last Modified: 04 Jun 2017 02:43
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item