PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SOSIAL,PERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NU MIFTAHUL MA’ARIF

Anam, Muhammad Saiful (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, SOSIAL,PERSONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NU MIFTAHUL MA’ARIF. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kompetensi pedagogik, sosial, personal guru kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2015/2016, 2) prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2015/2016, 3) pengaruh kompetensi pedagogik, sosial, personal guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus. Sampel penelitian berjumlah 75 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pertama, dari variabel Kompetensi Pedagogik nilai mean sebesar 40,29 dilakukan dengan kategori cukup dan interval 32 – 40 dan mempunyai persentase 46,7%. Kedua dari variabel Kompetensi Sosial nilai mean 15,44 dilakukan dengan kategori cukup dan interval 12 – 16 dan mempunyai persentase 45,32%. Ketiga, dari variabel Kompetensi Sosial nilai mean 19,19 dilakukan dengan kategori cukup dan interval 16 – 20 mempunyai persentase 44%. 2) Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa, dari variabel prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak nilai mean 84,53% dilakukan dengan kategori cukup, interval 80,6 – 82 dan persentase 48%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik, sosial dan personal guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak. Diperoleh nilai Fhitung sebesar 71,713 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Nilai Sig. F < 0,05 membuktikan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil diatas dapat dikatakan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan kompetensi yang lain..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 04:18
Last Modified: 04 Jun 2017 04:18
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1146

Actions (login required)

View Item View Item