ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KETIDAKDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA MIFTAHUL HUDA DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI

Fitriyanti, Neni (2015) ANALISIS KERJASAMA GURU BK DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KETIDAKDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA MIFTAHUL HUDA DESA TAYU WETAN KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (748kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (443kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (426kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (470kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah Untuk mengetahui ketidakdisiplinan peserta didik kelas X, upaya kerjasama guru BK dan Orang Tua dalam menangani ketidakdisiplinan peserta didik kelas X, dan hasil upaya kerjasama guru BK dan Orang tua dalam menangi ketidakdisiplinan peserta didik kelas X di MA Miftahul Huda Desa Tayu Wetan Kecamatan Tayu Kabupaten Pati. Adapun manfaat yang akan dicapai dari penelitian ini sebagai dapat memberikan kontribusi pemikiran dan ikut memperluas wacana keilmuan, khususnya mengenai kerja sama guru Bimbingan dan Konseling dengan orang tua dalam menangani ketidakdisiplinan siswa, pengembangan pembangunan dan peningkatan khazanah ilmiah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekolah, bahan pertimbangan untuk memaksimalkan sarana dan prasarana disekolah guna meningkatkan kualitas guru maupun siswa, dan bahan kajian yang sesuai untuk pelaksanaan kerjasama dalam menangani ketidakdisiplinan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Ketidakdisiplinan belajar yang terjadi pada diri siswa MA Miftahul Huda Kecamatan Tayu Kabupaten Pati diantaranya adalah terlambat datang ke sekolah, tidak membawa buku pelajaran, tidak mengerjakan PR, berpakaian tidak rapi, tidak memperhatikan guru ketika diterangkan dan menjahili temannya. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga perlu diperhatikan sehingga berhasil dalam belajar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa adalah: (1) Guru, meliputi : metode dan strategi pembelajaran dan terbatasnya waktu untuk memantau keadaan peserta didik. (2) Peserta didik, meliputi : aspek fisiologis (kondisi jasmani peserta didik) dan aspek psikologis. (3) Lingkungan, meliputi : Kondisi lingkungan baik letak tempat tinggal dan pergaulan dengan teman sejawat. Kedua, Upaya guru BK dan orang tua dalam menangani ketidakdisiplinan peserta didik kelas X di MA Miftahul Huda adalah sebagai berikut: (1) Menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan pertemuan- pertemuan. (2) Bertukar No Hp untuk mendapatkan informasi tentang siswa secara langsung dari orang tua. Ketiga, Hasil kerjasama guru BK dan Orang Tua dalam menangani ketidakdisiplinan peserta didik kelas X di MA Miftahul Huda adalah sebagai berikut: (1) Menambah wawasan orang tua mengenai peran sebagai pembimbing di rumah. (2) Mengembangkan cara belajar siswa dalam hal persiapan belajar siswa. (3) Mengembangkan cara belajar siswa dalam hal mengikuti pelajaran. (4) Hasil yang diperoleh pada diri siswa adalah, siswa merasa lebih disiplin, berperilaku lebih baik, hasil belajarnya meningkat, dan lebih disiplin untuk datang ke sekolah itu terbukti dari 19 siswa yang tadinya sering terlambat sekarang hanya tinggal 2 siswa, itupun sudah tidak sering terlambat. Kata Kunci : Kerjasama, Guru BK, Orang Tua, Ketidakdisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 04:35
Last Modified: 04 Jun 2017 04:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item