PENDIDIKAN KARAKTER (TELAAH KITAB AT-TARBIYAH WA AL-ADĀB ASY-SYAR’IYYAH KARYA ABDURRAHMĀN AFANDI ISMĀ’IL DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2013)

Tohari, Moh (2016) PENDIDIKAN KARAKTER (TELAAH KITAB AT-TARBIYAH WA AL-ADĀB ASY-SYAR’IYYAH KARYA ABDURRAHMĀN AFANDI ISMĀ’IL DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2013). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini pendidikan dinilai oleh banyak kalangan tidak bermasalah dengan peran pendidikan dalam mencerdaskan peserta didiknya, namun dinilai kurang berhasil dalam membangun kepribadian peserta didiknya agar berakhlak mulia. Oleh karena itu pendidikan karakter dipandang sebagai kebutuhan yang mendesak. Pentingnya pendidikan karakter bagi anak didik, pemikiran Abdurrahman Afandi dalam kitab At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah merupakan merupakan salah satu kitab yang membahas pendidikan karakter dan mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam mendidik anak untuk beretika yang baik, baik kepada Sang pencipta, pada diri sendiri, pada sesama manusia dan lingkungan. Dalam skripsi ini peneliti menulis tentang Pendidikan Karakter dalam Kitab At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah karya Abdurrahmān Afandi Ismā‟il, dengan tujuan untuk mengetahui; 1). Nilai-nilai pendidikan karakter menurut Abdurrahmān Afandi Ismā‟il dalam kitabnya At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah. 2). Relevansinya nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab At- Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. Untuk memperoleh hasil penelitian penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research) dengan menelaah secara mendalam pada kitab tersebut untuk memperoleh data, di samping itu juga menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif analitik, sumber data primer yaitu kitab At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah, data skunder yaitu kitab-kitab klasik dan kitab kontemporer yang relevan, teknik pengumpulan data, uji keabsahan data, analisis data meliputi content analisis atau analisis isi, metode hermeneutik, deduktif, induktif dan metode komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam Kitab karakter At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy-Syar’iyyah antara lain cinta (mahabbah) kepada Allah dan mengagungkan-Nya, cinta (mahabbah) kepada Rasul Allah dan menghormatinya, agama (ad-dīn) dan takut kepada Allah, amānah (dapat dipercaya) Sidq (jujur), Hayā‟ (malu), bekerja keras, cinta kepada orang tua, cinta kepada guru dan menghormatinya, cinta kepada saudara dan kerabat, cinta pada tetangga, cinta pada teman, cinta kepada tanah air, cinta kepada penduduk setanah air, cinta pada pemimpin, mendermakan harta, dan mengasihi hewan. Adapun kerelevansiannya nilai-nilai pendidikan dalam kitab At-Tarbiyah Wa Al-Adāb Asy- Syar’iyyah secara garis besar sudah relevan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013, karena pada intinya ada kesesuain keduanya ditinjau dari sama-sama mengarah pada penekanan nilai-nilai Islam dan pendidikan karakter baik nilai karakter kepada Allah, diri sendiri, sesama manusia, masyarakat, bangsa dan Negara Kata Kunci: Abdurrahmān Afandi Ismā’il, At-Tarbiyah wa Al-Adāb Asy- Syar’iyyah, dan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 06:04
Last Modified: 04 Jun 2017 06:04
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item