PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADIN DI KECAMATAN BAE KUDUS

Ghofur, Abdul (2017) PERAN FORUM KOMUNIKASI DINIYAH TAKMILIYAH (FKDT) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADIN DI KECAMATAN BAE KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (914kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (940kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (975kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (992kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (988kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran, faktor pendukung dan penghambat, serta strategi dalam meningkatkan profesionalisme guru Madrasah Diniyah di Kecamatan Bae Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya dari ketua, anggota, dan dokumen FKDT. Sedangkan teknik uji keabsahan data pada penelitian ini penulis menggunakan langkah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member chek. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kudus yaitu sebagai fasilitator, dimana FKDT diharapkan mampu memfasilitasi segala kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalisme guru Madin di Kudus melalui seminar dan workshop pembinaan guru Madin. FKDT Kudus juga berperan sebagai wadah interaksi dan konsultasi untuk mengemukakan dan memecahkan permasalahan guru Madin dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode sharing dan musyawarah yang diadakan satu bulan sekali. Faktor yang mendukung peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan profesionalisme guru Madin yaitu : Adanya anggaran dana dari pemerintah, kerjasama dengan lembaga lain, dukungan penuh dari guru Madin. Sedangkan faktor yang menghambat peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan profesionalisme guru Madin yaitu : Tunjangan per tahun tidak sama dengan kabupaten lain, belum mempunyai kantor pribadi, minimnya media teknologi, belum meratanya pelatihan guru Madin, adanya guru yang terlambat saat mengikuti pertemuan rutin FKDT, dan cuaca yang kurang mendukung. Berikut adalah strategi untuk memaksimalkan peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dalam meningkatkan profesionalisme guru Madin : Menjalin kerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) sehingga hambatan-hambatan yang ada bisa teratasi. Kemudian juga pengadaan kantor FKDT sebagai tempat administrasi segala urusan yang berkenaan dengan FKDT Kudus. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 01:44
Last Modified: 05 Jun 2017 01:44
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1168

Actions (login required)

View Item View Item