PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN WAIT TIME (WAKTU TUNGGU) TERHADAP KECAKAPAN (ABILITY) PESERTA DIDIK PADA MATA PEAJARAN FIKIH DI MA ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA

Fuad, Muhammad Mazirul (2017) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN WAIT TIME (WAKTU TUNGGU) TERHADAP KECAKAPAN (ABILITY) PESERTA DIDIK PADA MATA PEAJARAN FIKIH DI MA ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan teknik pembelajaran wait time (waktu tunggu) pada mata pelajaran Fikih.2) untuk mengetahui kecakapan (Ability) peserta didik pada mata pelajaran Fikih. 3) untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan teknik pembelajaran wait time (waktu tunggu) terhadap kecakapan (Ability) peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MA Ismailiyyah Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di Ismailiyyah Nalumsari Jepara yakni pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI A & XI B IPS sejumlah 42 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 40 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pelaksanaan teknik pembelajaran wait time pada mata pelajaran fikih terdapat dalam pembelajaran inti dimana peserta didik diberikan pree-test sebelum peserta didik mendapatkan materi dalam rangka memberikan stimulus kepada peserta didik sebelum guru memberikan pertanyaan sesuai materi kepada peserta didik, kemudian setelah materi disampaikan guru mengukur kemampuan peserta didik dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi, dengan memberikan waktu tunggu untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru pada mata pelajaran fikih 2. Kecakapan (Ability) peserta didik pada mata pelajaran fikih ini dapat dilihat dimana peserta didik mampu mengenal, memahami, menganalisis, menilai, serta memecahkan masalah pada setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dengan peserta didik mampu menjawab setiap pertanyaan serta mampu menunjukkan dalilnya sesuai dengan syari’at Islam, yang nantinya akan dijadikan bekal dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. 3 Pengaruh teknik pembelajaran wait time mempunyai pengaruh yang signifikan dengan kecakapan (Ability) peserta didik pada mata pelajaran fikih dengan persamaan regresi Ŷ =23,087 + 0,177X. Artinya apabila teknik pembelajaran wait time yang diterapkan pada mata pelajaran Fikih ditingkatkan maka kecakapan merupakan salah satu hal yang penting yang harus dimiliki peserta didik, karena dengan kemampuan ini peserta didik tidak hanya diukur dengan seberap banyak materi yang dihafal peserta didik dan kemampuannya menjawab soal. Akan tetapi melalui kualitas-kualitas yang lebih subtansi yaitu memahami,menganalisis, menilai dan memecahkan masalah. Kata Kunci : Teknik, Pembelajaran, Wait Time, (waktu tunggu), Kecakapan, (ability), Peserta didik,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:40
Last Modified: 05 Jun 2017 03:40
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item