IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (ANALISIS-SINTESIS) SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sholikhuddin, M (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (ANALISIS-SINTESIS) SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (971kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan model pembelajaran sinektik untuk mengembangkan kemampuan kognitif (analisis-sintesis) siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak serta peserta didik kelas X-1 SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan analisis dan sintesis siswa setelah mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak dengan model pembelajaran sinektik yang ditandai dengan berkembangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan ditandai dengan siswa yang kurang aktif menjadi aktif dan memiliki kepercayaan diri untuk bertanya dan menyampaikan pendapat. Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi atau penerapan model pembelajaran sinektik untuk mengembangkan kemampuan kognitif (analisis dan sintesis) siswa diantaranya adalah faktor guru, siswa, lingkungan belajar, sarana prasana dan lain-lain. Untuk menyikapi faktor penghambat guru sebisa mungkin harus dapat meminimalisir faktor-faktor penghambat tersebut dengan cara membuat suasana kelas yang nyaman dan suasana belajar yang lebih berkesan, menyenangkan dan tidak membosankan dengan menerapkan model pembelajaran sinektik dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak untuk mengembangkan kemampuan kognitif (analisis dan sintesis) siswa Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Sinektik; Kemampuan Kognitif (Analisis dan Sintesis) siswa; Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:37
Last Modified: 05 Jun 2017 04:37
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item