IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNINGPADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ABADIYAH KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lestari, Dewi (2016) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNINGPADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MA ABADIYAH KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover. pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. abstrak. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar isi. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1. pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II. pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III. pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8. BAB V. pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) alasan implementasi metode discovery learningpada pembelajaran Sejarah Kebudayaaan Islam di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, (2) implementasi metode discovery learning pada pembelajaran Seajarah Kebudayaaan Islam di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, (3) problematika implementasi metodediscovery learningpada pembelajaran Sejarah Kebudayaaan Islam di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanyaalasan implementasi metode discovery learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Patiyaitupertama, menyesuaikan dengan kurikulum 2013, kedua untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan ketrampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di madrasah dan masyarakat, ketiga, karena tuntutan perkembangan zaman, perlu adanya pola pikir serta pendalaman dan perluasan materi, keempat, jika masih menggunakan strategi satu arah guru ke murid, anak 50% masih belum bisa menyerap materi tersebut dan yang kelima, peserta didik mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. 2) Implementasi metode discovery learningdalam pembelajaran SKI di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati tahun pelajaran 2015/2016 dengan adanya di adakan metode discovery learning ini mereka diajak pergi ziarah ke makam Sunan Kalijaga, mereka menjadi lebih semangat dan aktif. Disana mereka bisa melihat dan menemukan hal yang baru misalnya mereka melihat makam yang berada disekitar makam Sunan Kalijaga yang ukuran makamnya panjang-panjang. Hal ini menjadikan peserta didik lebih bisa lagi menyukai pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 3) Implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran SKI di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati tahun pelajaran 2015/2016 memiliki problematika yang terjadi saat pelaksanaan pembelajaran di kelas. Adapun problematika yang peneliti temukan diantaranya heterogenitas pendidikan peserta didik. Selain heterogenitas pendidikan peserta didik problematika lain adawaktu yang lama, dan belum terbiasanya guru menggunakan metode discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Discovery Learning; Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 05:38
Last Modified: 03 Dec 2016 05:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item