IMPLEMENTASI TERAPI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUL ANWAR CERANGGANG DAWE KUDUS PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hidayati, Nurul (2016) IMPLEMENTASI TERAPI RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUL ANWAR CERANGGANG DAWE KUDUS PADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (815kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (372kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi terapi rational emotive behavior pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Anwar Ceranggang Dawe Kudus. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan terapi rational emotive behavior pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Anwar Ceranggang Dawe kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) penerapan terapi rational emotive behavior merupakan terapi berfikir dan bertingkah laku, dimana peserta didik yang mempunyai fikiran yang tidak logis menjadi logis serta dapat menghapus atau menghilangkan tingkah laku yang bermasalah menjadi tingkah laku yang baru yang diinginkan (tidak bermasalah) sehingga dapat menghilangkan gangguan-gangguan emosional yang merusak diri seperti tidak menaati peraturan sekolah, membolos,rasa marah, rasa takut, rasa bersalah dan lain sebagainya. Dalam mata pelajaran akidah akhlak memberikan bimbingan kepada peserta didik agar memahami, menghayati dan menyakini kebenaran agama serta bersedia mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik dituntut untuk lebih aktif dan mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru, mengerjakan tugas seperti menghafalkan, dalam penyampaian materi guru dituntut lebih sabar dan menjadi motivator di dalam kelas. (2) faktor yang mendukung penerapan terapi rasional emotive behavior adalah kecerdasan dan kemampuan peserta didik (kesiapan peserta didik dalam memulai pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan terapi rational emotive behavior), tersedianya buku-buku referensi, media yang memadai, seperti LCD, sound, suasana kelas yang kondusif dan ruang kelas yang representatif. Faktor penghambatnya yakni, masih ada peserta didik yang pasif dan kurang fokus dalam penerapan terapi rasional emotive behavior tidak dapat diterapkan dalam semua materi mata pelajaran aqidah akhlak. Jadi, sebagai seorang pendidik harus kreatif dalam membimbing peserta didik agar sampai pada pengembangak kecerdasan emosional serta pendidik harus bisa memahami sikap dan perilaku peserta didik serta menciptakan suasana yang kondusif dan tidak menjenuhkan dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Rational Emotive Behavior; Akidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 06:13
Last Modified: 03 Dec 2016 06:13
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item