DAKWAH MELALUI MEDIA CETAK

Zaini, Ahmad (2014) DAKWAH MELALUI MEDIA CETAK. AT-TABSYIR STAIN Kudus, 2 (2). pp. 1-17. ISSN 2338-8544

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunika...

Abstract

Di era globalisasi saat ini penyampaian ajaran Islam tidak bisa tidak harus menggunakan media komunikasi massa modern, semisal televisi, film, radio, internet, koran/surat kabat, majalah, buku, dan sebagainya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah adalah melalui media cetak. Media cetak adalah saluran komunikasi di mana pesan-pesan verbalnya (tertulis) maupun dalam bentuk gambar-gambar seperti karikatur dan komik dilakukan dalam bentuk tercetak. Produksi media cetak bisa dalam bentuk surat kabar, tabloid, buku, buletin, atau selebaran. Secara umum, ciri khas media massa ialah: pertama, bersifat melembaga, artinya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, kedua, bersifat satu arah, ketiga, meluas dan serempak, artinya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, keempat, memakai peralatan teknis atau mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, majalah dan semacamnya, dan kelima, bersifat terbuka bagi siapa saja. Karena itu, dengan ciri khas tersebut, maka media massa apapun dapat dijadikan sebagai media penyampai pesan-pesan dakwah. Kelebihan surat kabar atau koran dan majalah sebagai media dakwah diantaranya dapat dibaca kapan dan di mana saja. Surat kabar dan majalah juga relatif lebih mampu membawakan materi yang panjang dan masalah yang kompleks. Kompleksitas dan panjangnya materi ditambah pula variasinya yang tak terbatas, sangat berpengaruh pada penerimaan khalayak terhadap materi yang disuguhkan kepadanya. Adapun kelebihan buku sebagai media dakwah dari segi efektivitas dalam menyebarluaskan pengetahuan, opini, dan pikiran secara transnasional dan transgenerasi tidak diragukan lagi. Bagaimana ajaran Ikhwanul Muslimin dapat menyebar ke berbagai dunia Islam, tokoh-tohoh revolusi Iran, seperti Ali Shariati, Khomeini, serta Murtadha Muthahhari demikian akrab dengan mahasisiwa, sebagaimana mereka juga akrab dengan Max Weber dan Durheim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dakwah; surat kabar; majalah; buku
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pers Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2017 02:17
Last Modified: 09 Jun 2017 02:18
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1315

Actions (login required)

View Item View Item