IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNER DALAM MENGEMBANGAKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nadhiroh, Qurrotun (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUTONOMOUS LEARNER DALAM MENGEMBANGAKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN kudus.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (17MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (21MB)
[img] Text
04 BAB I SKRIPSI.pdf

Download (15MB)
[img] Text
05 BAB II SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III SKRIPSI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
07 BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
08 BAB V SKRIPSI.pdf

Download (15MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaranAutonomous Learner merupakan model pembelajaran yang lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih berperanaktif pada saat proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Tujuan dari penelitianini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Autonomous Learner dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, 2) Untuk memahami apa saja fakto rpendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran Autonomous Learner dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpualan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi.Adapun sumber data penelitian meliputi sumber data primer yakni kepala madrasah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X, peserta didi kkelas X, serta data sekunder meliputi dokumen dan arsip yang berhubungan dengan penerapan model pembelajaran Autonomous Learner.Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, bahan referensidan diskusi dengan teman sejawat.Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, danverifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan model pembelajaran Autonomous Learner dalam mengembangkan perilaku disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak meliputi perencanaan pembelajaran yang meliputi tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 2) Faktorpendukungpenerapan model pembelajaranAutonomous Learner di bagimenjadiduayaitu internal dan eksternal. Dari segi internal yaitu: adanya motivasi dalam diri peserta didik untuk lebih baik lagi dalam berbicara dan berperilaku ketika berada didalam keluarga, madrasah, dan masyarakat. Sedangkan dari segi eksternal yaitu: tersedianya fasilitas dan sarana pembelajaran yang cukup lengkap. Faktorpenghambat di bagimenjadiduayaitu internal dan eksternal.Faktor internal yaitu perilaku siswa yang gaduh ketika berada di dalam kelas dan tingkat kemampuan siswa yang tidak sama dalam menguasai dan memahami materi pelajaran. Sedangkan faktor eksternal yaitu: kejenuhan padaa saat proses pembelajaran yang disebabkan karena berada didalam kelas terus-menerus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model; Pembelajaran; Autonomous Learner; Perilaku Disiplin, Akidah Akhlak
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 06:40
Last Modified: 03 Dec 2016 06:40
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item