STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER REGULER DAN SISTEM KREDIT PERCEPATAN DI SMA N 1 KUDUS

Bakhruddin, A. (2017) STUDI KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER REGULER DAN SISTEM KREDIT PERCEPATAN DI SMA N 1 KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (942kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X program sistem kredit semester di SMA N 1 Kudus. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di program SKS Reguler, bagaimana motivasi belajar siswa pembelajaran PAI di program SKS Percepatan, bagaimana prestasi belajar siswa pembelajaran PAI di program SKS Reguler, bagaimana prestasi belajar siswa pembelajaran PAI di program SKS Percepatan, adakah perbedaan motivasi belajar pada siswa yang menggunakan sistem SKS Reguler dan program SKS Percepatan dan adakah perbedaan prestasi belajar pada siswa yang menggunakan sistem SKS Reguler dan program SKS Percepatan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis komparasional, yaitu membandingkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa berdasarkan sistem pendidikan yang sedikit berbeda, yaitu Sistem Kredit Semester Reguler dan Sistem Kredit Semester Percepatan. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan hasil nilai rapor siswa. Angket itu berisi 25 pertanyaan dengan masing-masing pertanyaan mewakili satu indikator motivasi belajar menurut Sardiman. Subjek penelitian ini berjumlah 48 responden, masing-masing 24 dari siswa sks reguler dan 24 dari siswa sks percepatan. Hasil penelitian ini adalah: (a) motivasi belajar siswa program SKS regular berada pada nilai 86-94. Hal ini mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa cenderung baik. (b) motivasi belajar siswa program SKS percepatan berada pada nilai 92-98. Hal ini mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa cenderung sangat baik. (c) tidak terdapat perbedaan signifikan antara motivasi siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan program SKS regular dengan siswa yang mengikuti program SKS percepatan. Hal ini diperoleh dari independent sample T-test dengan nilai Sig 0,906 >0,05, jika nilai signifikansi yang diperoleh lebih dari >0,05 maka dapat dinyatakan tidak ada perbedaan signifikan. This study aims to determine differences in motivation and achievement of class X student semester credit system program in SMA N 1 Kudus. Issues raised is how the students 'motivation in learning PAI in program credits Regular, how students' motivation PAI learning in the program credits Acceleration, how student achievement PAI learning in the program credits Regular, how student achievement PAI learning in the program credits Acceleration, is there differences in students' learning motivation system using Regular SKS and SKS Acceleration program and is there any difference in learning achievement in students who use the system Regular SKS and SKS Acceleration program. The method used by the researchers in this study is a field research (field research) with quantitative approach. This study uses komparasional analysis, comparing the motivation to learn and student achievement based on a slightly different education systems, namely Regular Semester Credit System class and the Semester Credit System Acceleration class. As for the collection of data in this study using a questionnaire and the results of student grades. The questionnaire contains 25 questions with each question represents an indicator of motivation to learn by Sardiman. Subjects of this study amounted to 48 respondents, each of the 24 regular students and 24 credits of student credits acceleration. The results of this study are: (a) student’s motivation of regular credits program that are in grades 86-94. This indicates that students' motivation tend to be good. (B) student’s motivation of SKS acceleration program is at a value 92-98. This indicates that the student's motivation tends to be very good. (C) there is no significant difference between the motivation of students making learning using regular credits program with students who take the program SKS acceleration. It is obtained from independent sample T-test with the Sig 0.906> 0.05, if the significant value gained more than> 0.05 it can be stated there was no significant

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PAI; Motivasi Belajar dan SMA N 1 Kudus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jun 2017 02:16
Last Modified: 10 Jun 2017 02:16
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item