INTERNALISASI PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL MELALUI MUATAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PAUD

Amalia, Taranindya Zulhi (2016) INTERNALISASI PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK VERBAL MELALUI MUATAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PAUD. THUFULA, 4 (2). ISSN (P-ISSN : 2355-0163 ; E-ISSN : 2502-3845)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/thufula/...

Abstract

Ragam metode mengajar bagi PAUD memberi alternatif sekaligus kebimbangan bagi guru-guru PAUD untuk memilih metode yang paling sesuai dengan tema pembelajaran dalam satu pekan. Pembelajaran tematik dalam muatan kurikulum PAUD terdiri atas beberapa aspek perkembangan, diantaranya Kemampuan dasar (kemampuan bahasa, kognitif, dan fisik). Satu dari pengenalan bahasa asing yang terdapat dalam kurikulum PAUD berkonsep 4 bahasa ini adalah: bahasa internasional (Bahasa Inggris). Pada metodologi penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasal dari kepala PAUD, sie kurikulum sekaligus wali kelas, dan wali peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder pendukung adalah referensi. Sumber sekundernya yakni buku-buku yang relevan dengan motivasi dosen Bahasa Inggris khususnya dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan penelitian motivasi ini berupa: (1) Muatan kurikulum di PAUD Naneymi berlandaskan pembelajaran multi bahasa dengan pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BBCT) 4 bahasa: bahasa ibu (Bahasa Jawa), bahasa nasional (Bahasa Indonesia), bahasa al-Qur’an (Bahasa Arab), dan bahasa internasional (Bahasa Inggris), (2) Internalisasi kecerdasan linguistik verbal dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada muatan kurikulum di PAUD Naneymi Dersalam Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 terjadi dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang termuat dalam tema-tema pada English Day, dan (3) Faktor pendukungnya: media berupa alat permainan edukatif yang tepat, kreativitas pendidik, pemilihan metode pengajaran yang tepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang keilmuan pendidik yang non PAUD dan pendidik masih memberikan pekerjaan rumah. Solusinya: Pendidik sering mengikuti pelatihan-pelatihan PAUD, melanjutkan ke jurusan PGPAUD atau PGRA di jurusan pendidikan/ tarbiyah, mematuhi aturan dari diknas untuk tidak memberi pekerjaan rumah pada peserta didik, bekerjasama dengan pihak pendidikan dasar untuk tidak memberikan materi baca, tulis, berhitung dalam porsi berlebihan namun pengenalan saja, serta bekerja sama dan berkoordinasi dengan wali peserta didik dengan pendampingan konsultan melalui acara parenting.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris; kecerdasan linguistik verbal; muatan kurikulum PAUD
Subjects: Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Bahasa
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jun 2017 08:27
Last Modified: 13 Jun 2017 08:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item