PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH KAB. KUDUS

Akbar, Rofiq Faudy (2014) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH KAB. KUDUS. INFERENSI Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 8 (1). pp. 225-245. ISSN p-ISSN: 1978-7332 e-ISSN: 2502-1427

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journalregister.iainsalatiga.ac.id/index.ph...

Abstract

Prestasi belajar siswa dapat dikatakan sebagai indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran, dimana keberhasilan tersebut menjadi tolok ukur bagi pengajar untuk mengadakan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mengajar yang diterapkan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda.Responden penelitian merupakan siswa kelas XII Madrasah Aliyahdi Kabupaten Kudus dengan jumlah Sampel sebanyak 187 siswa dari 17 sekolah. Hasil penelitian mengungkap bahwa metode mengajar guru dan kemandirian belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar sebesar 56,9%. Metode mengajar guru dan kemandirian belajar siswa secara signifikan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikansi kurang dari 1%. Student achievement can be regarded as indicators of the success of a learning process, which is a measure of success for teachers to conduct the necessary improvements. This study aimstodetermine the effect ofteaching methodthatis appliedandindependent learningon student achievement. The research method is quantitative by using multiple regression analysis. The respondents are students of class XII Madrasah Aliyah in Kudus, the number of sample is 187 students from 17 schools. The results of the study revealed that teachers’ teaching method and student learning independence affect learning achievement of 56.9%. Teacher’s teaching style and student learning independence significant positive effect on learning achievement with a significance level less than 1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode; Kemandirian;Prestasi Belajar Method; Student Learning Independence; Achievement
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jun 2017 03:33
Last Modified: 14 Jun 2017 08:20
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item