IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA DARUL HIKAM, KALIREJO, UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015

Millah, Iin Zahrotul (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA DARUL HIKAM, KALIREJO, UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
IIN ZAHROTUL MILLAH.._opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Model pada pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)Aqidah Akhlak di MA Darul Hikam, Kalirejo, Undaan Kudus. 2) Untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran TAI(Team Assisted Individualization pada Mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Darul Hikam, Kalirejo, Undaan Kudus. 3) Untuk mengetahui dampak Implementasi model pembelajaran Cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Darul Hikam, Kalirejo, Undaan Kudus. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui data primer yang berupa hasil wawancara kepada Kepala Madrasah, guru pengampu Aqidah Akhlak, serta peserta didik kelas X, , dan melakukan observasi dalam pembelajaran penggunaan model Implementasi model pembelajaran TAI(Team Assisted Individualization). Peneliti juga mengambil data sekunder berupa dokumentasi, selain itu gambaran umum Madrasah meliputi Profil dan sejarah berdirinya, Letak geografis, Visi, Misi, dan tujuan Struktur organisasi, Identitas, Keadaan pendidik dan peserta didik dan Sarana dan prasarana. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran TAI(Team Assisted Individualization) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, motivasi belajar peserta didik meningkat, kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan gagasannya dapat berkembang dan peserta didik dapat untuk bertanggung jawab dalam belajar selain itu juga dapat membantu meningkatkan tingkat kemampuan analisis peserta didik dan mayoritas peserta didik yang merasa senang karena pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dan seru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TAI(Team Assisted Individualization); Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2017 01:54
Last Modified: 17 Jun 2017 01:54
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item