ANALISIS PELAKSANAAN TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI DI LEMBAGA PENDIDIKAN GURU QIRAATI (LPGQ) KOORDINATOR KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

Anas, Syaiful (2015) ANALISIS PELAKSANAAN TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI DI LEMBAGA PENDIDIKAN GURU QIRAATI (LPGQ) KOORDINATOR KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SYAIFUL ANAS_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Tahsin Al-Qur‟an dengan metode Qiraati di Lembaga Pendidikan Guru Qiraati (LPGQ) koordinator kecamatan Gebog kabupaten Kudus yang berkaitan dengan materi-materi, metode-metode, langkah-langkah, dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan mengambil tempat penelitian di Lembaga Pendidikan Guru Qiraati (LPGQ) koordinator kecamatan (KORCAM) Gebog kabupaten Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Materi-materi pembelajaran yang diajarkan yaitu menggunakan buku Qiraati Jilid 1 sampai 5, Juz 27, Jilid 6, Al- Qur‟an, Gharib, dan Tajwid. 2. Pembelajarannya menggunakan empat metode mengajar yaitu: metode Individual, metode Klasikal Individual, metode Klasikal Baca Simak, metode Baca Simak Murni. 3. Langkah-langkah pembelajarannya yaitu dimulai dari kegiatan pendahuluan yang meliputi apersepsi dan motivasi, kegiatan inti yang meliputi eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, serta terakhir kegiatan penutup yang meliputi do‟a dan salam. 4. Evaluasi pembelajaran yang dipergunakan ialah: tes awal masuk, tes kenaikan perhalaman, tes kenaikan jilid, ujian pra-tashih, dan ujian tashih. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak, terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi pada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2017 05:03
Last Modified: 18 Jun 2017 05:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item