STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NU BAITUL MUKMININ GETAS JATI KUDUS DENGAN MTS NU MA’RIFATUL ULUM MIJEN KALIWUNGU KUDUS PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Faizun, Annie (2013) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NU BAITUL MUKMININ GETAS JATI KUDUS DENGAN MTS NU MA’RIFATUL ULUM MIJEN KALIWUNGU KUDUS PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI ANNIE FAIZUN 109169_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa kelas VII di MTs NUBaitul Mukminin Getas Jati Kudus Dengan MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 populasi yang terdiri dari peserta didik kelas VII MTs NU Baitul Mukminin Getas Jati Kudus yang berjumlah 44 peserta didik dan MTs NU Ma’rifatul Mukminin Mijen Kaliwungu Kudus yang berjumlah 136 peserta didik, dan diambil sampel dengan jumlah 123 peserta didik. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang perbandingan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits antara MTs NU Baitul Mukminin Getas Jati Kudus dengan MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus yang menggunakan rumus analisis varians Anava dua jalur (two way anava) Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil Belajar (kognitif, afektif, psikomotor) Al Qur’an Hadits peserta didik Kelas VII di MTs NU Baitul Mukminin Getas Jati Kudus tahun pelajaran 2012/2013.a) Hasil belajar kognitif tidak tergolong cukup, b) Hasil belajar afektif tergolong cukup, c) Hasil belajar psikomotor tidak tergolong cukup. 2) Hasil Belajar (kognitif, afektif, psikomotor) Al Qur’an Hadits peserta didik Kelas VII di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2012/2013.a) Hasil belajar kognitif tidak tergolong kurang, b) Hasil belajar afektif tidak tergolong baik, c) Hasil belajar psikomotor tidak tergolong baik. 3) Adanya perbedaan hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotor) antara peserta didik kelas VII di MTs NU Baitul Mukminin dengan MTs NU Ma’rifatul Ulum pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits tahun pelajaran 2012/2013. Adanya perbedaan hasil belajar Al Qur’an Hadits antara kelompok kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari ketiga ranah hasil belajar tersebut, yang paling baik adalah hasil belajar psikomotor. Adanya perbedaan hasil belajar Al Qur’an Hadits antara MTs NU Baitul Mukminin dengan MTs NU Ma’rifatul Ulum. Hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs NU Baitul Mukminin lebih baik daripada di MTs NU Ma’rifatul Ulum. Adanya interaksi hasil belajar Al Qur’an Hadits di MTs NU Baitul Mukminin dan MTs NU Ma’rifatul Ulum sebagai akibat keragaman madrasah membawa dampak keragaman ranah / domain hasil belajar Al Qur’an Hadits dari masing-masing madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Al Qur’an Hadits; MTs NU Baitul Mukminin; MTs NU Ma’rifatul Ulum
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:03
Last Modified: 09 Jul 2017 03:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item