EFEKTIFITAS POLA KOMUNIKASI REACH DALAM MENUNJANG INTERAKSI EDUKATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU RADEN UMAR SA’ID KUDUS

Susanto, Dian (2015) EFEKTIFITAS POLA KOMUNIKASI REACH DALAM MENUNJANG INTERAKSI EDUKATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU RADEN UMAR SA’ID KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI DIAN SUSANTO (110058)_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di dalam dunia pendidikan, tidak sedikit guru yang wawasannya luas, pengetahuannya mendalam dan penguasaan materi cukup baik, tetapi kurang berhasil mengantarkan siswanya mendapatkan pengetahuan. Salah satu faktornya adalah kemampuan komunikasi yang dimiliki guru dimana guru kurang bisa membuat interaksi yang aktif dan edukatif dengan siswa. Penelitian ini bertujuan, yaitu (1) untuk mengetahui apa saja persiapan yang harus dimiliki guru dalam menerapkan pola komunikasi REACH di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus (2) untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi REACH yang dilakukan di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus (3) untuk mengetahui efektifitas penerapan pola komunikasi REACH dalam menunjang interaksi edukatif siswa di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus, (4) untuk mengetahui beberapa faktor pendukung dan penghambat penerapan pola komunikasi REACH di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus . Jenis penelitian ini adalah Field Research, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan interview yang diperoleh dari responden yang terkait dengan penelitian dan analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Persiapan yang dimiliki guru dalam menerapkan pola komunikasi REACH pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus menurut hasil penelitian adalah baik (2) Penerapan pola komunikasi REACH yang dilakukan di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan penerapan aspek-aspek dari komunikasi REACH yakni respek, empati, audible, clarity, dan humble yang teraplikasikan dalam proses pembelajaran yang guru lakukan mulai dari kegiatan awal sampai akhir. (3) Efektifitas pola komunikasi REACH dalam menunjang interaksi edukatif siswa di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus menurut hasil penelitian adalah efektif, ini terbukti dengan terlaksananya kriteria indikator komunikasi dikatakan efektif dalam proses pembelajaran. Kriteria tersebut adalah a) pesan yang diterima dan dipahami oleh komunikan sama terhadap makna pesan yang di maksud komunikator, b) Pesan ditindak-lanjuti dengan perbuatan yang sukarela, c) Meningkatkan kualitas hubungan antarpribadi. (4) Telah ditemukan beberapa faktor yang mendukung dan menghambat jalannya pola komunikasi REACH di MA NU Raden Umar Sa’id Kudus, baik itu faktor yang berasal dari individu itu sendiri (internal) maupun dari luar individu (eksternal).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; Pola Komunikasi REACH; Interaksi Edukatif
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:21
Last Modified: 09 Jul 2017 03:21
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item