PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SKI TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DI MI NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rohmah, Fathiyyatur (2014) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU SKI TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DI MI NU TAMRINUT THULLAB UNDAAN LOR UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI FATHIYYATUR ROHMAH_opt.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimanakah kompetensi kepribadian guru SKI dan interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus, dan juga apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru SKI terhadap interaksi edukatif di sana. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yakni pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical (angka) yang diolah dengan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas IV ada 48, V ada 56, VI ada 53 peserta didik, jadi jumlah keseluruhan populasi adalah 157 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penarikan sample adalah proportionate stratified random sampling. Pada penelitian ini ukuran sampel yang digunakan mengacu pada table penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan dari rumus Krechi, dengan tingkat kesalahan 5% dari 157 populasi didapatkan sample sebesar 110 sampel. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang pengaruh kompetensi kepribadian guru SKI terhadap interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus dengan menggunakan rumus regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat kompetensi kepribadian guru SKI di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus dalam kategori baik yaitu sebesar 104,532 2) Tingkat interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus dalam kategori baik yaitu sebesar 74,112. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru SKI terhadap interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus dengan persamaan regresi Ŷ = 39,776 + 0,329X. Koefisien korelasinya adalah 0,371 yaitu terletak pada interval 0,20 – 0,399 dalam kategori rendah. Dengan koefisien deteriminasi sebesar 13,7641%. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang rendah antara kompetensi kepribadian guru SKI terhadap interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus. Uji pengaruh dengan rumus F didapatkan F hitung 17,255 > 3,93 F tebel. Berarti Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang rendah antara kompetensi kepribadian guru SKI terhadap interkasi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus. Uji korelasi dengan rumus t didapatkan t hitung 4,19011 > 1,98197 t tabel. Berarti Ha diterima dengan kesimpulan terdapat korelasi positif yang kurang signifikan antara kompetensi kepribadian guru SKI dan interaksi edukatif di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi kepribadian guru SKI dan interaksi edukatif
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:46
Last Modified: 09 Jul 2017 03:46
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item