IMPLEMENTASI METODE AL-BANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR‟AN SISWA MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS

Khil‟ah, Lathifatul (2013) IMPLEMENTASI METODE AL-BANA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR‟AN SISWA MI NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
LATHIFATUL KHIL'AH_opt.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi metode Al-Bana sebagai upaya dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an siswa di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Penelitiannya dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran baca tullis Al-Qur‟an, yaitu masih adanya siswa yang kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an, terutama bagi siswa yang tidak sekolah di RA atau TK atau TPQ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Konsep dasar pembelajaran metode Al-Bana yang diterapkan di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, (2) Proses pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, (3) Implementasi metode Al-Bana dalam meningkatan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Tujuan tersebut diharapkan mampu menjawab permasalahan yang terjadi. Permasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan mengambil lokasi di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara interaktif dan terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dari data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Konsep dasar pembelajaran metode Al-Bana yang diterapkan di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus menggunakan 3 langkah mudah dalam belajar Al-Qur‟an, yaitu menghafal dan menguasai huruf hijaiyyah, melancarkan dan merangkai kata, serta menguasai hukum tajwid dengan menggunakan kode warna. (2) Proses pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dilaksanakan sama halnya seperti pembelajaran lain, dan termasuk mata pelajaran muatan local, (3) Implementasi metode Al-Bana dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis Al- Qur‟an siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dapat memberikan pengaruh positif bagi siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus, karena rata-rata setiap kelasnya mencapai nilai 80 dan nilai dari masing-masing siswa mampu mencapai nilai KKM, yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan informasi bagi siswa, orang tua, guru, dan madrasah untuk selalu bersama- sama dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an melalui metode Al- Bana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 04:45
Last Modified: 09 Jul 2017 04:45
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1488

Actions (login required)

View Item View Item