PENERAPAN METODE LEARNING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA 1 GEBOG KUDUS

Rahmawati, Lina (2016) PENERAPAN METODE LEARNING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 DI SMA 1 GEBOG KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (675kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode learning community dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA 1 Gebog Kudus. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Keterampilan interaksi sosial, (2) Penerapan metode Learning Community dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial pada siswa di SMA 1 Gebog Kudus. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di SMA 1 Gebog Kudus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun temuan dari skripsi ini menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan interaksi sosial, dalam hal ini adalah keterampilan untuk berinteraksi antara siswa yang satu dengan yang lainnya, agar nanti siswa tersebut bisa berkomunikasi dengan baik, maka guru membagi kelompok agar nanti siswa bisa mengutarakan pendapat melalui hasil kerja kelompoknya dan diwajibkan semua kelompok mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh audien, karena dengan begitu nanti siswa bisa berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan baik terhadap semua temannya, maka guru membagi kelompok secara acak dengan tujuan agar siswa tidak membeda- bedakan teman. (2) Penerapan Learning Community dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial di SMA 1 Gebog Kudus, dalam penerapannya sangat baik karena sudah dibimbing oleh guru PAI yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari ketiga tahap tersebut memiliki posisi yang sama penting antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Learning Community; Keterampilan Interaksi Sosial
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Interaksi Sosial
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 05:18
Last Modified: 09 Jul 2017 05:18
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item