PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA

Faiq, Muhammad (2016) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, STAIN kudus.

[img] Text
001. AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
002. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
003. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
004. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
005. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
006. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
007. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
008. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
009. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
010. DAFTAR RIWAYAT PENELITI DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Teknik Pembelajaran Round Teble merupakan merupakan proses pembelajaran Meja Bundar yang dilakukan dengan membagi kelas dalam beberapa kelompok beranggotakan empat orang, memberi setiap kelompok selembar kertas, dan meminta siswa melakukan sumbang saran gagasan untuk merespons sebuah pengarah, sehingga setiap siswa dapat berpartisipasi dan menunjukkan bahwa siswa tahu lebih banyak tentang Fiqih. Siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran karena setiap Peserta didik terlibat dalam proses Pembelajaran. Dalam penerapan teknik Pembelajaran Round Table ini, peserta didik diharapkan untuk mampu Aktif tentang apa yang telah dipelajari peserta didik tersebut. Ada tiga tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penerapan teknik pembelajaran Round Table dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA Matholi’ul Huda Troso Jepara (2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat proses penerapan teknik pembelajaran Round Table dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di madrasah, dan (3) untuk mengetahui efektifitas proses penerapan teknik pembelajaran Round Table dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di madrasah. Adapun metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mapel Fiqih dan siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian: teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah (a) reduksi data, (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik ini hanya untuk memberikan stimulus kepada siswa agar dapat fokus dan ikut andil dalam proses pembelajaran fiqih, sehingga materi dapat sampai kepada siswa dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu meningkatnya keaktifan siswa. Disamping itu terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung yaitu (1) Motivasi dan minat siswa yang tinggi. (2) Guru yang berkompeten. (3) Lingkungan yang kondusif dan nyaman, dan (4) peran orang tua atau kepedulian orang tua terhadap siswa. Faktor penghambatnya yaitu (1) Kurangnya antusiasme dan kurang percaya diri. (2) Kurangnya perhatian orang tua. (3) Waktu hanya sebentar dalam menyelesaikan materi. Efektifitas teknik round table (meja bundar) dalam meningkatkan kekatifan peserta didik pada mata pelajaran fiqih materi jinayah (hukuman) berjalan cukup efektif, ini dibuktikan dengan nilai pencapaian para siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh pihak guru dan madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Round Table; Keaktifan Peserta Didik
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:13
Last Modified: 03 Dec 2016 07:13
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item