PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NU MATHOLI’UL HUDA KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Afifah, Noor (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. NU MATHOLI’UL HUDA KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI FULL_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus, Pendekatan penelitian ini adalah field research dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru Fiqih dan siswa) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2013/2014 adalah sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam model pembelajaran berbasis masalah yaitu model pembelajaran yang memberikan atau menyajikan sebuah permasalahan kepada siswa untuk dicari solusi pemecahannya, baik secara pribadi maupun berkelompok. Pelaksanaanya juga sudah cukup baik karena didukung dengan adanya persiapan guru sebelum mengajar dengan membuat RPP dan membagi kelompok siswa, Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2013/2014 adalah cukup baik, ini terlihat dari adanya pelaksanaan model pembelajaran berbasis maslaah dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, seperti siswa mampu berfikir kritis untuk memecahkan suatu permasalahan, memberikan usulan kepada kelompoknya, dan memberikan masukan kepada kelompok lain saat hasil diskusi dipresentasikan, 2) Hal-hal yang mendukung dalam model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Fiqih yang dilakukan oleh guru Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2013/2014, faktor internalnya yaitu siswa dan faktor eksternalnya yaitu guru, iklim sosial dan sarana prasarana. Adapun hal-hal yang menghambat dalam model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Fiqih yang dilakukan oleh guru Fiqih di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 06:16
Last Modified: 09 Jul 2017 06:16
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item