IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 03 JAMBEAN KIDUL MARGOREJO PATI.

Munzaro’ah, Siti (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SDN 03 JAMBEAN KIDUL MARGOREJO PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (735kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran demokratis pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SDN 03 Jambean Kidul Margorejo Pati tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui hambatan-hambatan serta solusi dalam mengatasi hambatan- hambatan dalam impelementasi model pembelajaran demokratis pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas V SDN 03 Jambean Kidul Margorejo Pati tahun pelajaran 2015/2016. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang ditemukan dalam keadaan sebenarnya dengan tidak menggunakan prosedur statistik atau hitungan. Selanjutnya, untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Pada pembelajaran ini guru melibatkan siswa untuk ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran, dengan meminta siswa memberikan pendapat tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disediakan. Selain itu, guru juga menggunakan beberapa metode pembelajaran dan dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menerapkan model pembelajaran demokratis, ada beberapa hambatan yakni faktor media, yaitu terbatasnya media yang disediakan oleh pihak sekolah. Dan juga beberapa faktor lain, yaitu faktor teknis, seperti listrik padam, kerusakan pada perangkat komputer. Serta faktor materi pelajaran, tidak semua materi pelajaran dapat disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran demokratis. Sedangkan upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara mengalihkan ke media pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Demokratis dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 06:13
Last Modified: 09 Jul 2017 06:13
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item