MANAJEMEN PENGELOLAAN PROGRAM FULLDAY SCHOOL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS.

Rosidah, Ifana (2015) MANAJEMEN PENGELOLAAN PROGRAM FULLDAY SCHOOL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 KUDUS. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
IFANA PDF_opt.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata daripelaksanaanmanajemen pengelolaan program fullday school sebagai upaya meningkatkan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) bagaimana manajemen pengelolaan program fulldayschool di SD Muhammadiyah 1 Kudus?2) bagaimana upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter dalam pembelajaran fullday school di SD Muhammadiyah 1 Kudus? Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif (partisipan observation), wawancara mendalam, dokumentasi, dantrianggulasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di SD Muhammadiyah 1 Kudus. Dari hasil analisis datadapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut:Pertama, manajemen pengelolaan program fullday school sebagai upaya meningkatkan pendidikan karakter siswa di SD Muhammadiyah 1 Kudus meliputi tiga tahapan, yaitu: perencanaan pembelajaran fullday school, pelaksanaan pembelajaran fullday school dan evaluasi pembelajaran fullday school. Perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang dianut SD Muhammadiyah, yaitu kurikulum pemerintah, dan kurikulum sekolah dan penyusunan berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran fullday school terdiri dari kegiatan pembiasaan, kegiatan keteladanan, kegiatan nasionalisme dan patriotisme serta kegiatan kreatifitas siswa. Evaluasi Pembelajaran fullday school secara umum SD Muhammadiyah 1 Kudus dalam menentukan ketuntasan minimal memberikan penilaian tiga ranah, yaitu: ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik.Kedua, upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa dalam pembelajaran fullday school di SD Muhammadiyah 1 Kudus dengan memaksimalkan faktor pendukung pembelajaran di kelas yaitu mempunyai guru sebagai tenaga pendidik yang profesional, tersedianya alat peraga atau media pembelajaran, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan minat belajar siswa. Selain ituguru kelas fullday school, diharapkan terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan mengajar dan menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan efisien agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jul 2017 04:42
Last Modified: 16 Jul 2017 04:42
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item