DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DITINJAU DARI DIMENSI POLITISASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI

Sulthon, Sulthon (2014) DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM DITINJAU DARI DIMENSI POLITISASI PENDIDIKAN DAN EKONOMI. EDUKASIA STAIN Kudus, 9 (1). ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Tulisan ini berupaya menelaah tentang dinamika pengembangan kurikulum ditinjau dari dimensi politisasi pendidikan dan ekonomi. Kurikulum sebagai bagian dari faktor penting dalam pendidikan memiliki posisi strategis dalam mewarnai dan menentukan kualitas output pendidikan. Hitam putihnya kualitas pendidikan sesungguhnya sangat ditentukan oleh eksistensi kurikulum tersebut. Dalam pelaksanaannya, kajian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menuntut keteraturan, ketertiban dan kecermatan dalam berpikir, tentang hubungan datta yang satu dengan data yang lain dan konteksnya dalam masalah yang akan diungkapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan kurikulum diperlukan setiap saat karena kurikulum akan selalu merespon perkembangan dalam kehidupan, baik perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan budaya, dan perkembangan politik. Di samping itu, dalam perkembangannya kurikulum harus memperhatikan unsur peserta didik, satuan pendidikan, masyarakat, dan peranan pengembang kurikulum terutama guru. Peserta didik sebagai obyek kurikulum harus mendapat prioritas utama dalam pengembangan kurikulum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dinamika; pengembangan; kurikulum; politisasi
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jul 2017 09:58
Last Modified: 19 Jul 2017 09:58
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item