KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER

Mustaqim, Muhamad (2014) KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER. EDUKASIA STAIN Kudus, 9 (1). ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengkaji tentang implementasi kurikulum pada pendidikan dasar yang berbasis pada kesetaraan gender. Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Dengan melihat berbagai fenomena bias dan diskriminasi gender yang selama ini membudaya, termasuk dalam dunia pendidikan menjadikan upaya untuk membangun kurikulum berperspektif gender menemukan relevansinya. Pendidikan dasar, sebagai upaya membangun pengetahuan, keterampilan dan sikap sejak dini menjadi hal penting dalam sosialisasi dan penanaman keadilan gender.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum berperspektif gender ini bisa dilakukan melalui beberapa pendekatan, baik secara implisit, eksplisit, perubahan maupun aksi sosial sebagai upaya dalam meminimalisir bias gender yang ada dalam pendidikan, tentunya dengan berbagai formulasi yang ditawarkan.

Item Type: Article
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jul 2017 11:54
Last Modified: 19 Jul 2017 11:54
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item