OBSERVASI SISTEMATIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ

Ismanto, Ismanto and Irawan, Eka Fery (2015) OBSERVASI SISTEMATIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ. EDUKASIA STAIN Kudus, 10 (2). ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan observasi sistematik pada pembelajaran Akidah Akhlaq kelas VII MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan dan wawancara dengan sumber data, baik primer maupun sekunder dianalisis dengan tahapan model Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi sistematik yang diterapkan di MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara, yakni dengan cara guru mengamati perilaku peserta didik yang telah dipersiapkan kriterianya baik di dalam kelas maupun di luar kelas mulai dari kedisiplinan, tanggungjawab, tenggang rasa, perhatian dan kerajinan sehingga mendapat hasil pembelajaran yang baik. Dengan dilaksanakannya observasi sistematik, guru menjadi lebih aktif dan mengenal karakter serta sikap peserta didik. Di samping itu, peserta didik akan merasa lebih diperhatikan oleh gurunya.

Item Type: Article
Subjects: Sosial > Pendidikan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jul 2017 12:38
Last Modified: 19 Jul 2017 12:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item