EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Ismanto, Ismanto (2014) EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI). EDUKASIA STAIN Kudus, 9 (2). ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui library research, evaluasi diketahui dengan menggunakan pengukuran informasi dan informasi hasil penilaian. Hasilnya diukur dengan memberikan skor (angka). Kemudian, skor tersebut dinilai dan ditafsirkan oleh aturan tertentu untuk menentukan tingkat kemampuan pribadi. Selain itu, hasil dari proses penilaian ini selanjutnya dievaluasi untuk menentukan tingkat pencapaian pribadi atau terprogram. Secara umum, ada dua teknik penilaian pendidikan, yaitu tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan memanfaatkan sumber berupa data atau dokumen, penelitian ini menggambarkan bagaimana persiapan instrumen berdasarkan kognitif, afektif, dan psikomotor evaluasi domain. Suatu set tes dan non-tes yang baik sebagai pengukur prestasi harus memiliki kriteria; validitas, kepraktisan, kehandalan, dan ekonomi. Selanjutnya, analisis tes yang sesuai pada evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdiri dari tingkat kesukaran soal atau indeks kesulitan, daya pembeda, analisis pengecoh, analisis homogenitas item soal, dan efektivitas fungsi opsi.

Item Type: Article
Subjects: Sosial > Pendidikan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jul 2017 12:40
Last Modified: 19 Jul 2017 12:40
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item