STUDI ANALISIS PEMBIASAAN DOA-DOA HARIAN SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SISWA DI SD 03 KANDANGMAS DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Chumairoh, Siti (2014) STUDI ANALISIS PEMBIASAAN DOA-DOA HARIAN SECARA KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SISWA DI SD 03 KANDANGMAS DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI SITI CHUMAIROH_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

SD 03 Kandangmas merupakan salah satu sekolah dasar yang tidak mengesampingkan kegiatan keagamaan karena pendidikan keagamaan merupakan suatu pendidikan yang sangat penting dan sangat berguna di masyarakat. Tema pendidikan yang diberikan kepada siswanya yaitu tentang menhafal doa harian, dengan harapan agar hal tersebut menjadi kebiasaan. Perlu metode yang tepat dalam menyampaikan doa tersebut, maka digunakanlah metode membiasakan membaca doa-doa harian secara klasikal untuk meningkatkan kemampuan memnghafalkan siswanya.Rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan doa-doa harian secara klasikal di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014, bagaimana kemampuan hafalan doa-doa harian siswa di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014, bagaimana faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan doa-doa harian secara klasikal dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014. Sedangakan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan doa-doa harian secara klasikal di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui kemampuan hafalan doa-doa harian siswa di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014, untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan doa-doa harian secara klasikal dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa di SD 03 Kandangmas tahun pelajaran 2013/2014. Untuk Manfaat penelitian ini adalah diharapkandapat memberikan sumbangan pemikiran bagi khazanah keilmuan dalam usaha meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Bisa menjadi masukan dan saran kepada SD 03 Kandangmas untuk senantiasa berusaha meningkatkan kemampuan dan kualitas tenaga pendidik serta siswanya dalam bidang keagamaan sebagai keberhasilan proses belajar mengajar. Penelitian ini mengambil data dari SD 03 Kandangmas. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, koordinator dan guru qiroqti serta siswa SD 03 Kandangmas. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkanpelaksanaan pembiasaan doa-doa harian secara klasikal dilakukan pada setiap pagi di halaman sekolah pada pukul 06:45 dengan membagi siswa sesuai tahapan kelas dan dengan didampingi satu orang guru masing-masing kelompok. Dimulai dengan membaca doa pembuka secara bersama yang dipimpin oleh koordinatornya. Nantinya setelah siswa benar-benar telah menghafalkan doa dilakukan evaluasi hafalan doa tersebut. Kemampuan hafalan siswa sangat beragam sesuai dengan tingkat kecerdasannya, tapi setelah dilakukan pembiasaan doa-doa harian secara klasikal ini didapati bahwa kemampuan hafalan siswa meningkat 20-30 persen. Sedangkan faktor pendorong diantaranya adalah karena siswa malas menghafal sendiri di rumah. dan fsktor penghambat diantaranya adalah karena motivasi siswa tidak ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Doa-doa Harian; Klasikal; Kemampuan Hafalan
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 01:19
Last Modified: 22 Jul 2017 01:19
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item