EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BEHAVIOR MODIFICATION APPROACH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA TASYWIQUL BANAT KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Handayani, Tutik (2015) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BEHAVIOR MODIFICATION APPROACH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA TASYWIQUL BANAT KALINYAMATAN JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
TUTIK HANDAYANI NIM 111194 JURUSAN TARBIYAH PAI TAHUN 2015_opt.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan Behavior Modification Approach pada pembelajaran Fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2014 /2015. (2) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2014 /2015. (3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan Behavior Modification Approach dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2014 /2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis sumber data yang digunakan meliputi dua macam yaitu : pertama, sumber data primer yang diperoleh dari guru yang mengampu mapel fiqih, kepala sekolah dan siswa. Kedua, sumber data sekunder berupa dokumen, arsip, buku-buku dan media alternative lainnyayang berhubungan dengan masalah penelitian. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini meliputi (2) tahap tehnik pengumpulan data. Tehnik pengumpulan data meliputi observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan aktivitas dalam analisis data yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian ini meliputi : (1) Penggunaan Behavior modification approach pada proses pembelajaran fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara tahun ajaran 2014/2015 yaitu dengan cara guru memberi stimulus kepada siswa berupa pertanyaan tenyang materi yang telah diajarkan, kemudian memperhatikan respon siswa, dari respon tersebut guru menguatkan jawaban siswa atau memberi reinforcement. Pemberian hadiah (reward) diberikan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan atau berani maju menghafal nomer satu sedangkan hukuman (punishment) disini tidak diberlakukan lagi karena tidak sesuai dengan konsep pendidikan masa kini. (2)Prestasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara tahun ajaran 2014/2015 terbilang baik, karena jika dilihat dari hasil nilai ulangan siswa rata- rata telah memenuhi KKM yang ditentukan oleh Madrasah, baik itu penilaian secara kognitif, afektif dam psikomotorik. (3)Penggunaan Behavior modification approach dalam meningkatkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Tasywiqul Banat Kalinyamatan Jepara tahun ajaran 2014/2015 dirasa cukup efektif, selain nilai prestasi belajar siswa telah memenuhi KKM yang ditentukan oleh Madrasah jika dilihat dari nilai semester ganjil dan nilai semester genap terdapat peningkatan nilai baik secara kognitif yaitu nilai ulangan siswa, Afektif penilaian terhadap sikap siswa dan psikomotor nilai praktik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 03:31
Last Modified: 22 Jul 2017 03:31
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item