PELAKSANAAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS UNTUK PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI PONDOK PESANTREN AL- ACHSANIYYAH PEDAWANG BAE KUDUS TAHUN 2015

Nuranisah, Nuranisah (2015) PELAKSANAAN METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS UNTUK PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI PONDOK PESANTREN AL- ACHSANIYYAH PEDAWANG BAE KUDUS TAHUN 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
NURANISAH 111069_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran layaknya kunci yang dapat membuka berbagai macam informasi, pengetahuan dan pengalaman di seluruh penjuru dunia. Dalam rangka membuka dan mendapatkan pengetahuan seluas-luasnya, pembelajaran harus menggunakan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan mudah. Metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, terlebih untuk pembelajaran anak autis. Dengan demikian, anak autis yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat kebanyakan, dapat hidup layak seperti anak normal melalui pendidikan dan metode yang tepat dalam pembelajaran. Harapannya, mereka dapat memberikan manfaat terhadap dirinya dan lingkungan sekitar juga bangsa dan Negara tercinta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) langkah yang dilakukan guru dalam pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis di Pondok Pesantren Al- Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. 2) pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis untuk pembelajaran anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. 3) evaluasi pelaksanaan metode Applied Behaviour Analysis untuk pembelajaran anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyah Pedawang Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah membuat program anak, dimana setiap anak memiliki buku program yang berbeda dengan anak lain. 2) dalam melaksanakan metode ABA, guru beracuan pada buku program anak kemudian melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan berdoa, mengucapkan salam, mengajarkan komunikasi sederhana yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, kemudian masuk pada materi. 3) evaluasi pelaksanaan metode ABA yaitu tidak sesuai dengan teori karena pada teorinya satu guru menangani satu anak, sementara di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah satu guru menangani 3 sampai 5 anak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi masyarakat, orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, tenaga pendidik dan lembaga atau yayasan anak autis agar lebih memahami kebutuhan anak autis sehingga mereka dapat hidup layak di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Applied Behaviour Analysis; pembelajaran; anak autis
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 04:02
Last Modified: 22 Jul 2017 04:02
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item