PENERAPAN METODE FISHBOWL DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rozak, Abdul (2017) PENERAPAN METODE FISHBOWL DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK MA’ARIF 3 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Fishbowl dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif 3 Kudus, berjalan sesuai harapan, yaitu sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu perpaduan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum KTSP, dengan perencanaan pembelajaran (RPP) yang sudah disusun oleh pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelumnya dengan alokasi waktu yang telah ditentukan, dengan media yang disesuaikan dengan materi. Metode Fishbowl merupakan metode berdiskusi yang menggunakan format lingkaran. Sebagian siswa membentuk lingkaran diskusi dan siswa-siswa yang lain membentuk lingkaran pendengar di sekeliling kelompok diskusi. Hasil pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah adanya penerapan metode fishbowl dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ma’arif 3 Kudus, menurut peneliti telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan guru pengampu mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) yang menyatakan bahwa para siswa mampu menerapkan hasil belajar di sekolah khususnya pada materi berlomba-lomba dalam kebaikan. Faktor pendukung penerapan metode fishbowl adalah infrastruktur yang mendukung, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, adanya buku pedoman belajar yang lengkap serta infrasturktur sekolah yang lengkap. Faktor lain adalah keterbukaan dari peserta didik. Kebijakan sekolah yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode fishbowl untuk meningkatkan pretasi belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Fiqih di SMK Ma’arif 3 Kudus adalah beragamnya karakteristik serta kepribadian siswa, serta perbedaan kecerdasan yang dimiliki masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Fishbowl; Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 04:48
Last Modified: 22 Jul 2017 04:48
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item