IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FOXFIRE PADA MATA PELAJARAN SKI DI MANU 03 ITTIHAD BAHARI PURWOREJO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sabit, Ahmad (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FOXFIRE PADA MATA PELAJARAN SKI DI MANU 03 ITTIHAD BAHARI PURWOREJO BONANG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (446kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati beberapa hal sebagai berikut : 1) implementasi strategi pembelajaran foxfire pada mata pelajaran SKI, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi strategi pembelajaran foxfire, dan 3) hasil belajar peserta didik pasca implementasi strategi pembelajaran foxfire. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara peneliti terjun langsung kelapangan atau objek penelitian untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini mendeskripsikan bahwa : 1. Implementasi strategi pembelajaran foxfire pada mata pelajaran SKI dapat berjalan dengan baik. Adapun langkah-langkahnya adalah : 1) pendidik membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang peserta didik dan membagi tema pelajaran ke kelompok masing-masing, 2) pendidik memberikan tugas untuk mencari data sebagai bahan untuk menulis karya ilmiah sesuai dengan tema masing-masing, 3) peserta didik mempresentasikan hasil karya tulisnya sesuai dengan urutan tema masing-masing disetiap pertemuan mata pelajaran SKI, dan 4) dalam proses pembelajaran peserta didik lainnya dipersilahkan untuk bertanya dalam sesi diskusi kelas. 2. Faktor pendukung dan faktor penghambat, antara lain : faktor pendukung, yaitu : 1) secara umum peserta didik melaksanakan tugas yang diberikan pendidik dengan penuh senang hati, 2) terciptanya interaksi antara pendidik dan peserta didik dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas, dan 3) adanya perpustakaan madrasah. Faktor penghambatnya, yaitu : 1) belum terbiasanya peserta didik dalam melaksanakan tugas menulis karya ilmiah, sehingga memerlukan pemahaman lebih mendalam, 2) minat baca peserta didik yang belum merata, sehingga menimbulkan adanya variasi pengetahuan peserta didik, dan 3) peserta didik terkadang kurang fokus dalam menyampaikan materi dan dalam proses diskusi. 3. Hasil belajar peserta didik pasca implementasi strategi pembelajaran foxfire,yang menjadi indikator dalam penelitian ini adalah antara lain : 1) minat baca peserta didik kumulatif setiap minggu dalam satu bulan relatif bagus, 2) motivasi belajar peserta didik sangat tinggi, dapat diamati dalam proses pembelajaran, peserta didik antusias dan lebih aktif dalam sesi diskusi, 3) kedisiplinan, secara umum kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran sangat tinggi, dapat dilihat dari daftar presensi peserta didik, dan 4) penilaian, menunjukkan hasil yang baik, hal itu peneliti analisa dari daftar hasil penilaian peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Strategi Pembelajaran Foxfire; SKI; MANU 03 Ittihad Bahari
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 05:15
Last Modified: 22 Jul 2017 05:15
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item