MODEL PENDIDIKAN LIFE SKILL DI SEKOLAH DASAR LEBAH PUTIH KECAMATAN SIDOMUKTI KABUPATEN SALATIGA

Mukhoyyaroh, Khanif (2017) MODEL PENDIDIKAN LIFE SKILL DI SEKOLAH DASAR LEBAH PUTIH KECAMATAN SIDOMUKTI KABUPATEN SALATIGA. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (908kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (955kB)

Abstract

Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya hakekat pendidikan bagi kehidupan anak, yaitu pendidikan yang memanusiakan manusia dalam artian memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa datang. Hanya pendidikan yang efektif yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengantarkan anak survive dalam kehidupannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap obyek tertentu. Adapun pendekatan penelitian bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang bagaimana model pendidikan Life Skill di Sekolah Dasar Lebah Putih Kecamatan Sidomukti Kabupaten Salatiga yang meliputi: perencanaan pendidikan Life Skill, tahapan pendidikan Life Skill, evaluasi pendidikan Life Skill, elemen-elemen yang terlibat dalam pendidikan Life Skill dan partisipasi orang tua dalam pelaksanaan pendidikan Life Skill di Sekolah Dasar Lebah Putih Kecamatan Sidomukti Kabupaten Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Perencanaan pendidikan Life Skill di Sekolah Dasar Lebah Putih Salatiga tidak terlepas dari target dan tujuan yang ingin dicapai, yaitu Intellectual Curiosity, Creative Imagination, Art of Discovery and Invention dan Noble Attitude. Kedua, Tahapan-tahapan pelaksanaan pendidikan Life Skill di Sekolah Lebah Putih Salatiga dilakukan melalui empat tahap yaitu reorientasi pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, manajemen pendidikan dan hubungan sinergis dengan masyarakat. Ketiga, Evaluasi pendidikan Life Skill di SD Lebah Putih Salatiga mencakup tiga hal, yaitu: Evaluasi Proses Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Hasil Belajar dan Evaluasi Program Pengajaran. Keempat, Keberhasilan proses pelaksanaan pendidikan Life Skill di Sekolah Lebah Putih Salatiga tidak terlepas dari peran berbagai elemen yang terlibat di dalamnya, yaitu kepala sekolah, yayasan dan ketua yayasan sekaligus Founder Sekolah Lebah Putih, guru dan orang tua siswa. Kelima, Partisipasi orang tua atau wali murid dalam pelaksanaan pendidikan Life Skill di Sekolah Lebah Putih Salatiga adalah sebagai mitra bagi Sekolah Lebah Putih dan juga sebagai pendidik utama bagi anaknya. The background of this thesis research is about the importance of education essence for children lives, it is to develop the human potential of students to face their role in the future. Only the effective education that can improve their quality of lives and show them how to can survive in their lives. This kind of research is a field research, it is an intensive, detail, and deep research to its object. The approachment of this research is qualitative with data accumulation technique through observation method, interview, and documentation. Using qualitative descriptive analysis technique in the data analysis. The purpose of this research is to know about how is the Life Skill Education Model in Lebah Putih Elementary School Sidomukti Subdistrict Salatiga Regency that included: Life skill education planning, Life skill education steps, Life skill education evaluation, the elements of Life skill education, and the participation of parents in the implementation of Life Skill Education Model in Lebah Putih Elementary School Sidomukti Subdistrict Salatiga Regency. The result of this research shows that; First, The Life Skill Education Planning in Lebah Putih Elementary School Sidomukti Subdistrict Salatiga Regency cannot be separated with the target and the purpose that want to be reached, they are Intellectual Curiosity, Creative Imagination, Art of Discovery and Invention, and Noble Attitude. Second, The Implementation Steps of Life Skill Education in Lebah Putih Elementary School Sidomukti Subdistrict Salatiga Regency through four steps, they are learning re-orientation, developing of school culture, education management, and synergy relations with the people. Third, The Evaluation of Life Skill Education Model in Lebah Putih Elementary School Sidomukti Subdistrict Salatiga Regency included three things, they are the evaluation of learning implementation process, the evaluation of learning result, and the evaluation of teaching process. Fourth, The success of implementation process of Life Skill Education Model in Lebah Putih Salatiga cannot be separated with the role of many included elements, they are the headmaster, the institute, and the head institute and also the Founder of Lebah Putih School, teachers, and the student’s parents. Fifth, the participation of student’s parents in the implementation of Life Skill Education in Lebah Putih School Salatiga is as partner for Lebah Putih School and also as the main teachers for their children.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pendidikan; pendidikan life skill; sekolah dasar (SD); Lebah Putih Salatiga.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2017 00:57
Last Modified: 23 Jul 2017 00:58
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item